News
Banjir Promo di Pilkada 2017

Pilkada 2017 benar-benar merupakan sebuah pesta, tak hanya pesta demokrasi tapi juga pesta diskon di banyak toko baik toko konvensional maupun online. Syarat yang ada pun sangat mudah cukup dengan menunjukkan jari kita yang sudah dicelupkan ke tinta tanda sudah berpartisipasi dalam Pilkada 2017 ini. Cara ini selain dapat mendongkrak penjualan juga sebagai wujud keikut sertaan dunia usaha dalam mengurangi angka golput dalam sebuah pemilu.
Mall online BliBli.com membuat promo bagi netizen yang telah menggunakan hak pilihnya dengan hadiah voucher diskon. Sebanyak 100 orang pemilih aktif dan kreatif di sosial media dengan tidak menyertakan SARA berhak mendapatkan voucher belanja sebesar Rp200 ribu untuk pembelanjaan di kategori Handphone & Tablet, Komputer & Laptop, dan Peralatan Elektronik di katalog blib.li/belanjajempol-pr. Caranya: hanya perlu mengupload foto jempol bertinta sambil memperlihatkan aplikasi Blibli.com di akun Twitter atau Instagram mereka dengan menambahkan tagar #AntiGolput dan #BelanjaPakeJempol #bliblidotcom tepat pada 15 Februari 2017.
Senior Marketing Communication Manager Blibli.com Lani Rahayu menjelaskan konsumen utama Blibli.com yang berada pada rentang usia 25-35 tahun, dan fans dari Blibli.com yang aktif di sosial media memiliki rentang usia yang lebih lebar yakni 18 hingga 60 tahun. Rentang usia tersebut merupakan usia partisipan Pilkada. “Kami ingin mengajak para konsumen dan fans kami menggunakan hak suaranya untuk Indonesia yang lebih baik, karena itu pesan yang kami suarakan untuk #AntiGolput dan kami apresiasi dengan #BelanjaPakeJempol,” ujar Lani.
Beberapa toko konvensional juga menggelar promo dalam menyambut Pilkada 2017 ini. Diantaranya adalah Indomaret Poin yang memberikan diskon hingga 50% untuk produk roti dan aneka minuman hanya dengan menunjukkan jari yang sudah dicelupkan tinta usai mencoblos. Ada pula Giant yang memberikan gratis lima bungkus mie instan bagi para pelanggannya yang usai mencoblos dengan pembelanjaan minimum sebesar 150 ribu rupiah. Dunkin Donuts pada hari pencoblosan juga kebanjiran pengunjung yang memanfaatkan promo beli 1 gratis 1. Beberapa lembaga surveypun menyebutkan bahwa keikutsertaan masyarakat pada pilkada tahun 2017 ini meningkat 10% dibanding pilpres maupun pilkada serentak tahun 2015 lalu. Apakah ini ada hubungannya dengan promo beberapa toko? mungkin saja. Yang jelas partisipasi masyarakat yang demikian baik menunjukkan makin dewasanya penduduk Indonesia dalam menggunakan hak pilhnya. Semoga pada pilkada putaran kedua ada lagi promo yang lebih menarik lagi.
