Connect with us

News

Nova 4 Penyelamat Huawei?

Published

on

Beberapa waktu lalu Huawei mengumumkan keberhasilannya mengapalkan 200 juta unit ponsel ke seluruh dunia hingga akhir 2018. Keberhasilan Huawei ini sekaligus membuatnya menjadi salah satu penguasa ponsel pintar dunia yang menduduki peringkat kedua dibawah Samsung. Meski demikian penguasaan pasar ponsel pintar dunia oleh Huawei sebesar 14,6% ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu yang sebesar 15,9% demikian data yang dikeluarkan oleh IDC. Berbeda dengan merek ponsel lainnya yang beredar di Indonesia, kekuatan Huawei di pasar ponsel pintar global ditopang oleh seri P dan Mate yang merupakan ponsel pintar premium.

Penguasaan Huawei di pasar ponsel pintar dunia yang ditopang oleh ponsel premiumnya berbanding terbalik dengan penguasaan pasar ponsel pintarnya di Indonesia. Berdasarkan data yang dikeluarkan IDC beberapa waktu lalu, di pasar ponsel pintar Indonesia, Huawei justru terlempar dari 5 besar dan bahkan mungkin dari 10 besar. Keadaan ini disebabkan karena pasar ponsel premium yang menjadi tulang punggung Huawei di pasar dunia sangat kecil. Pangsa pasar ponsel pintar di Indonesia dan juga bahkan di negara-negara berkembang lainnya, ponsel pintar kelas menengah dengan harga terjangkau yang menguasai pasar. Untuk kelas menengah Huawei hanya mengandalkan seri Nova dan yang terakhir muncul di Indonesia adalah Nova 3i. Sedangkan untuk kelas entry level Huawei memiliki seri Y yang tak begitu populer di Indonesia.

Untuk pasar Indonesia, nampaknya Huawei masih akan mengandalkan seri Nova dan rencananya Huawei akan membawa Nova 4 ke pasar Indonesia tahun 2019 mendatang. Nova 4 yang kabarnya memiliki RAM sebesar 8GB masih diragukan bakal berjaya di pasar ponsel pintar Indonesia karena harga menjadi faktor penting kesuksesan ponsel di pasar Indonesia. Ponsel yang kabarnya akan dijual di Indonesia dengan harga Rp 7 jutaan ini bakal susah bersaing dengan sesama ponsel Tiongkok dan menyelamatkan eksistensi Huawei di pasar ponsel pintar Indonesia. Nampaknya cita-cita Huawei menjadi merek favorit di Indonesia masih jauh dan butuh perjuangan ekstra keras untuk dapat bertengger di 5 besar pasar ponsel pintar Indonesia.

Namun nampaknya Huawei memang kurang bernafsu untuk merebut pasar ponsel pintar Indonesia karena rencananya kedepan Huawei akan terus bermain di sektor kamera dengan dukungan Leica dan harga yang cukup mahal. Dan semua itu ada pada Nova 4 yang memiliki kapasitas kamera 48MP dengan ruang penyimpanan 128 GB. Jadi kita tunggu saja berapakah harga Nova 4 dan mampukah Nova 4 menjadi penyelamat Huawei?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *