Connect with us

Product Info

ASUS VivoBook M409, Laptop All-Round yang Terjangkau 

Published

on

Jika Gadgetarian mencari laptop yang powerful dengan harga dibawah Rp8 juta memang agak sulit. Apalagi jika Gadgetarian mencari laptop yang dapat digunakan untuk banyak hal, mulai dari bekerja hingga bermain game. Pasalnya sebagian besar laptop dengan rentang harga tersebut tidak dilengkapi dengan chip grafis yang mumpuni  sehingga performa pengolahan grafisnya tidak bisa diandalkan untuk dapat bermain game dengan lancar.

Menjawab kebutuhan tersebut ASUS menghadirkan VivoBook M409, sebuah laptop dengan harga terjangkau yang dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 3000 series. Prosesor tersebut tidak hanya hadir dengan konfigurasi jumlah core serta thread yang lebih banyak, tetapi juga dibekali dengan chip grafis powerful Radeon Vega yang telah terintegrasi. Seperti apa VivoBook M409 yang memiliki performa cukup powerful ini, simak ulasannya berikut.

Portabel dan Mudah Dibawa Bepergian

Jika Gadgetarian mengira semua laptop dengan harga dibawah Rp8 juta selalu tampil dengan bodi yang tebal, bongsor, dan berat, maka Gadgetarian salah besar. VivoBook M409 memang bukan laptop paling ringkas di dunia (karena predikat tersebut masih dipegang oleh seri ZenBook), namun tetap salah satu yang paling ringkas di kelasnya.

Dengan ketebalan hanya 2,2cm dan bobot 1,5kg, VivoBook M409 menjadi sangat mudah untuk dibawa bepergian. Laptop yang cukup portabel ini juga hadir dengan adapter charger berukuran kecil, membuat VivoBook M409 dapat diandalkan ketika bepergian jarak jauh dan dalam jangka waktu lama, dimana Gadgetarian pasti membutuhkan adapter charger untuk mengisi daya laptop ini.

Bagaimana VivoBook M409 dapat tampil lebih tipis dan ringkas? Jawabannya ada di teknologi NanoEdge Display. Teknologi layar eksklusif dari ASUS tersebut memungkinkan bezel layar dapat tampil lebih tipis dari laptop pada umumnya. Hasilnya adalah sebuah laptop dengan tampilan layar yang terlihat lebih lega dan ukuran bodi yang lebih tipis dengan screen-to-body ratio hingga 79%.

Selain mudah dibawa bepergian, VivoBook M409 juga dilengkapi dengan sistem keamanan khusus. Untuk melindungi kerusakan data akibat guncangan di perjalanan, VivoBook M409 telah dilegkapi dengan teknologi EAR HDD shock dampering. Teknologi tersebut merupakan strktur tambahan yang dapat melindungi hard disk dan SSD di VivoBook M409 sehingga lebih tahan terhadap guncangan.

Berbicara soal keamanan, VivoBook M409 juga telah dilengkapi dengan fitur pembaca sidik jari atau fingerprint. Fitur yang terintegrasi dengan Windows Hello tersebut memungkinkan Gadgetarian dapat masuk (login) ke dalam sistem Windows 10 tanpa harus mengetikkan password. Fitur ini sangat berguna apalagi jika Gadgetarian memang suka bepergian karena orang lain tidak akan bisa melihat password login milik Gadgetarian.

Nyaman Digunakan

Meski merupakan laptop mainstream, VivoBook M409 tetap hadir dengan mengutamakan kenyamanan penggunanya. VivoBook M409 menggunakan keyboard berjenis chiclet yang memiliki key travel sejauh 1,4mm. Key travel tersebut sangat optimal untuk mengetik karena jarak tekannya yang tidak terlalu dalam namun juga tidak dangkal, membuat penggunanya lebih nyaman ketika mengetik.

VivoBook M409 juga telah dilengkapi dengan speaker berteknologi SonicMaster Audio. Teknologi audio tersebut dilengkapi dengan speaker yang lebih besar, audio codec kelas profesional, serta ruang akustik yang dapat menghasilkan suara lebih kaya. SonicMaster Audio juga hadir dengan sistem signal processing yang dapat memblokir efek noise dan meningkatkan kejernihan suara.

Konektivitas Lengkap

Karena dirancang sebagai laptop serba guna yang cocok diajak untuk traveling, VivoBook M409 dilengkapi dengan berbagai opsi konektivitas mulai dari koneksi melalui kabel (wired) atau nirkabel (wireless).

Opsi konektivitas nirkabel di VivoBook M409 terdiri dari gigabit WiFi 802.11ac yang tentunya akan sering Gadgetarian gunakan ketika bepergian. VivoBook M409 juga dilengkapi dengan Bluetooth 4.2 sehingga Gadgetarian dapat menghubungkan berbagai peripheral modern seperti wireless mouse atau headset.

Sementara opsi konseksi menggunakan kabel di VivoBook M409 terdiri dari berbagai macam port, salah satunya adalah port USB Type-C dan Type-A sehingga Gadgetarian dapat menghubungkan smartphone, flashdisk, dan perangkat lainnya dengan mudah. Ada pula port HDMI untuk menghubungkan VivoBook M409 dengan proyektor atau monitor tambahan, serta sebuah pembaca kartu MicroSD.

Kencang dan Dapat Di-upgrade

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, VivoBook M409 merupakan laptop powerful dengan harga yang terjangkau. Seberapa powerful laptop ini? Pada varian yang menggunakan prosesor Ryzen 5 3500U, VivoBook M409 dapat menghasilkan skor pengujian yang tergolong cukup baik. Hal tersebut salah satunya berkat penggunaan konfigurasi 4 core 8 thread di prosesor Ryzen 5 3500U.

Tidak hanya dalam hal performa pemrosesan CPU, VivoBook M409 juga terbukti memiliki performa grafis yang cukup baik. Melalui pengujian grafis meggunakan 3DMark, VivoBook M409 terlihat dapat menghasilkan skor yang cukup mumpuni hingga membuatnya mampu menjalankan berbagai game eSport seperti Counter-Strike: Global Offensive dan Dota 2. Performa grafis yang baik di VivoBook M409 tidak lain adalah berkat chip grafis terintegrasi Radeon Vega 8.

Satu hal yang menarik adalah laptop ini memiliki potensi untuk di-upgrade. Gadgetarian dapat menambahkan SSD tambahan atau RAM untuk meningkatkan performa VivoBook M409 secara keseluruhan.

Jika dibandingkan dengan laptop sekelasnya, ketahanan baterai VivoBook M409 termasuk memiliki performa yang cukup baik. Saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, VivoBook M409 dapat bertahan lebih dari 5 jam. Artinya, laptop ini dapat menemani Gadgetarian untuk bekerja selama lebih dari 5 jam tanpa harus terhubung ke sumber listrik.

Menariknya lagi, VivoBook M409 sudah mendukung teknologi fast charging. Menggunakan adapter charger bawaannya, laptop ini dapat mengisi daya sebanyak 60% hanya dalam waktu 49 menit. Selain itu, baterai yang digunakan di laptop ini menggunakan teknologi baru yang membuat umurnya 3 kali lebih awet dari baterai berteknologi lama.

Kesimpulan

Jika Gadgetarian mencari laptop yang cukup portabel, powerful, memiliki potensi untuk di-upgrade, namun tetap terjangkau maka VivoBook M409 layak diperhitungkan. Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki konektivitas lengkap dan daya tahan baterai yang cukup baik di kelasnya.

Main Spec. ASUS VivoBook UM409
CPU AMD Ryzen 3-3200U Dual-Core, 2.6 GHz (1M Cache, up to 3.5 GHz)

AMD Ryzen 5-3500U Quad-Core, 2.1 GHz (2M Cache, up to 3.7 GHz)

Operating System Windows 10
Memory 4GB DDR4 RAM (Ryzen 3)

8GB DDR4 RAM (Ryzen 5)

Storage 1TB HDD
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) NanoEdge Display, 200 nits
Graphics Integrated AMD Radeon Vega 3 Graphics (Ryzen 3)

Integrated AMD Radeon Vega 8 Graphics (Ryzen 5)

Input/Output 1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader
Camera HD Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.2 (Dual band) 2*2
Audio SonicMaster Audio
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.90 (H) cm
Weight 1.5Kg with battery
Colors Slate Grey, Transparent Silver
Price Rp6.799.000 (Ryzen 3)

Rp7.699.000 (Ryzen 5)

Warranty 2 tahun garansi global
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *