Connect with us

Coffee Break

Dassault Systèmes: Teknologi Membantu Segalanya

Published

on

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia dan mengakibatkan jatuhnya ribuan korban jiwa.  Hingga saat ini belum ditemukan obat penangkalnya, Teknologi diyakini mampu membantu memperlambat penyebaran Covid-19 maupun mampu membantu proses penyembuhan pasien.  Dassault Systèmes memiliki pengalaman yang menarik termasuk tentang Covid-19 serta harapannya kepada Indonesia terutama untuk sektor manufakturnya.

Di Indonesia, ketergantungan industri terhadap tenaga kerja masih sangat tinggi.  Sehingga ketika pemerintah menggalakkan program transformasi Making Indonesia 4.0 pada 2018 yang terbayang adalah otomasi pada sektor manufaktur.  Namun ternyata lebih dari itu.  Dassault Systèmes yang merupakan salah satu perusahaan pengembang teknologi di dunia, menaruh perhatian yang besar terhadap sektor manufaktur Indonesia.

Samson Khaou, Managing Director, Asia Pacific, Dassault Systèmes mengungkapkan bahwa dirinya merasa manufaktur di Indonesia adalah salah satu key contributor yang mendorong perekonomian bangsa. Sektor manufaktur saya kira kontribusi manufaktur lebih dari 20% terhadap PDB Indonesia. Hal yang penting adalah pertama, Indonesia memiliki tenaga kerja yang kuat. Ketika saya melihat demograf Indonesia, ini, populasinya rata-rata di bawah 30 tahun, ini potensi yang sangat besar dalam membangun basis manufaktur di Indonesia. Basis manufaktur yang kuat lebih dari sekadar tenaga kerja yang intensif tapi juga tenaga kerja yang ahli yang memiliki pemahaman, mau belajar, memahami dan mengunakan teknologi digital dalam proses kerjanya. Indonesia bisa menjadi alternative dari China terkait suplai ke market global.

Samson menganggap bahwa program transformasi Making Indonesia 4.0 pada 2018 benar-benar menggambarkan inisiatif yang dibutuhkan Indonesia untuk menjadi pemain kunci dalam manufaktur dengan memanfaatkan teknologi dan kecangihan Industry 4.0 dan bagaimana teknologi itu menjadi relevan bagi sektor-sektor kunci, seperti F&B, otomotif, elektronik, dan tekstil. Dan semua sektor itu ditopang oleh teknologi 4.0 dan tenaga kerja yang kuat dan ahli.  Jika hal ini benar-benar terjadi maka wabah Covid-19 tak akan berpengaruh banyak pada sektor manufaktur di indonesia.

Dalam konteks COVID-19, teknologi terbukti mampu membantu mencarikan jalan keluar.  Seperti yang terjadi di India ketika Dassault Systèmes mampu membantu startup disana merancang sebuah ventilator yang dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19.  Dassault Systèmes juga punya customer dari industry consumer packaged goods, yang terkait dengan food and beverage. Termasuk segmen penting di Indonesia yang kami fokuskan, yaitu life science, di mana termasuk manufaktur obat farmasi, perangkat kesehatan dan rumah sakit, energi dan material yang berhubungan dengan listrik, migas, dan pertambangan.

Segmen terbaru adalah konstruksi perkotaan yang terkait dengan perencanaan tata kota dan kawasan, yang mana mencakup pula pertanian, dan dalam konteks Indonesia yang kami bidik yaitu segmen dan layanan bisnis di bidang telko, keuangan, dan jasa. Dengan kata lain teknologi dapat membatu segalanya.

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *