Jaring Talenta Kreatif Unggul dalam Gelaran MAXscript Class Awards 2020

Pada Oktober 2020 lalu, MAXstream bersama Wahana Kreator Nusantara membuka pendaftaran MAXscript Class yang merupakan sebuah program penulisan, kompetisi dan pelatihan yang bertujuan untuk percepatan regenerasi penulis-penulis skenario di Indonesia.  Program yang berhasil menjaring sebanyak 1693 pendaftar ini telah memasuki babak puncak.

Dalam puncak acara bertajuk MAXscript Class Awards 2020 yang diselenggarakan pada 8 Juli 2021, terpilih 10 pemenang Juara Kelas MAXscript 2021.  Selama workshop para peserta mendapatkan pelatihan dari para mentor berpengalaman di bidangnya yang akan memilih penulis terbaik yang kemudian akan dibimbing untuk ikut berpartisipasi dalam proyek-proyek pembuatan serial di Wahana Kreator bersama MAXstream ke depannya.

Meski banyak konten yang diproduksi namun masih sulit mencari konten yang berkualitas.  Salah satu penyebabnya adalah karena masih sedikitnya penulis cerita asli yang baik dan berkualitas.  Jangankan penulis cerita yang baik, penulis ceritanya saja masih sedikit.  “Kebutuhan penulis naskah masih sangat tinggi sedangkan penulis naskahnya sendiri masih sangat kurang,” ujar Salman Aristo yang merupakan CEO Wahana Kreator Nusantara.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, “Telkomsel mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang terpilih dan berhasil keluar sebagai Juara Kelas MAXscript 2020. Telkomsel memaknai program MAXscript Class 2020 sebagai salah satu perwujudan komitmen kami untuk terus bergerak maju membuka semua peluang bagi masyarakat untuk dapat memaksimalkan potensi diri di segala aspek kehidupan. Telkomsel pun berharap, hadirnya program MAXscript Class ini mampu menjadi sarana untuk mendorong lebih banyak lagi lahirnya talenta kreatif unggul di Indonesia.”

Dalam MAXScript Class 2021 terbuka untuk umum dan terdapat 1693 pendaftar dari berbagai kalangan dan profesi.  Ada pula yang memiliki latar belakang sebagai Sarjana Hukum yang jauh dari dunia perfilman.  Namun ada juga beberapa peserta yang memang berprofesi sebagai penulis ataupun konten kreator. Para peserta ini kemudian melalui proses seleksi dan mendapatkan materi penulisan dalam delapan tahap yang terbagi di antaranya: Isu & Argumen, Premis, Character’s & Character Arc, Sinopsis Pendek, OutlineTreatment, Dialog, dan Pengajar Tamu.

Melalui delapan tahap tersebut, ribuan peserta yang berasal dari penjuru Indonesia itu kemudian disaring dan hanya menyisakan 10 peserta terbaik yang diumumkan pada ajang MAXscript Class Award 2020.  Adapun ke-10 orang peserta terbaik tersebut akan kembali dipilih tiga orang terbaik.  Ketiga orang yang terpilih tersebut adalah Salman Hakim, Aulia Hakim, dan Kurnia Cahya Putra yang berhak atas total hadiah senilai Rp150 juta.

Start typing and press Enter to search