Xiaomi Incar “Gulingkan” Samsung

Kiprah Xiaomi di dunia IoT makin perkasa terutama setelah berhasil menggeser Apple di posisi kedua global dengan pangsa pasar 17% dan pertumbuhan 83% year-on-year.  Hal ini terlihat dari laporan firma riset Canalys yang mengungkapkan untuk pertama kalinya Xiaomi dicatatkan dalam laporan pasar smartphone global Q2 2021.

Dalam laporan ini Canalys menjelaskan bahwa Xiaomi kini mengalami transformasi model bisnis dari penantang (challenger) menjadi petahana (incumbent) melalui inisiatif seperti konsolidasi mitra di channel penjualan serta manajemen yang lebih rapi. Pencapaian Xiaomi menduduki peringkat dua secara global seperti balap Moto GP yang saling mendahului.

Pada Q4 2020, pengapalan smartphone global Xiaomi mencapai 43,4 juta unit atau tumbuh 31,5% YoY, melampaui Apple untuk pertama kalinya dan kembali ke peringkat tiga dunia. Sementara pada Q1 2021, Apple naik ke peringkat kedua dengan pangsa pasar 15%, ditempel ketat oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 14%. Pada periode tersebut pengapalan smartphone Xiaomi mencapai 49,4 juta unit dengan pertumbuhan 69,1% YoY.

Pencapaian ini membuat pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun menyurati seluruh karyawannya dan menegaskan bahwa menjadi nomor 2 global merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan Xiaomi. Lei Jun melanjutkan bahwa Xiaomi akan memperkuat kemampuan utamanya untuk memastikan diri sebagai brand smartphone kedua terbesar di dunia.

Prestasi Xiaomi ini tak lepas dari inovasi teknologi yang diterapkannya serta mulai beroperasinya  fase pertama dari pabrik pintar Xiaomi. Lini produksinya berjalan otomatis dan mampu merakit jutaan smartphone high-end setiap tahun, tempat tersebut juga menghubungkan laboratorium besar yang memungkinkan Xiaomi untuk meneliti material dan teknologi baru, sekaligus menguji proses produksi yang menggunakan teknologi canggih.

Lalu apa target berikutnya dari Xiaomi? Tak lain adalah menggulingkan Samsung di puncak.  Wah bakal seru nih.

Start typing and press Enter to search