Connect with us

News

Sejarah Panjang Intel Tentang Wireless Connectivity Hingga WiFi 7

Published

on

Jika Gadgetarian mengenal Intel hanya sebatas prosesor saja, Gadgetarian salah.  Hal ini karena ternyata Intel sangat erat kaitannya dengan dunia koneksi nirkabel di dunia.  Sejarah lengkap Intel dalam hal koneksi nirkabel sudah hampir selama dua dekade.  Selama itu Intel memastikan bahwa platform PC adalah best-connected experience yang dapat Gadgetarian miliki. Intel memulai pada 2003, ketika menghadirkan Centrino, platform pertama Intel yang berfokus untuk memastikan Gadgetarian memiliki konektivitas Wi-Fi terbaik.

  • Intel memastikan Centrino dapat terhubung ke hotspot Wi-Fi di seluruh dunia sehingga ketika Gadgetarian sedang melakukan kegiatan apapun di Hotel, di kafe maupun ruang publik lainnya, Gadgetarian yang menggunakan Centrino akan terhubung dan memberikan pengalaman yang Gadgetarian harapkan.  

Intel juga memiliki sejarah yang menarik dengan WiFi sejak diperkenalkannya 802.11b hingga Wi-Fi 4, 5, 6, dan 6E, yang menambahkan hingga 1.200 MHz spektrum baru di banyak negara di seluruh dunia.  Bahkan Intel bersiap untuk menghadirkan WiFi 7 kepada dunia untuk koneksi nirkabel yang lebih baik.  Dalam hal ini Intel memang layak disebut sebagai pemimpin di industri yang membawa kita ke dunia koneksi nirkabel seperti sekarang ini.

Meski bukan pemain di industri seluler, namun Intel justru memiliki peran yang sangat penting di industri yang sedang sangat berkembang ini. Intel berperan dalam memastikan teknologi seluler yang digabungkan dengan teknologi konektivitas, Wi Fi, dan Bluetooth guna memberikan pengalaman terbaik bagi Gadgetarian di seluruh dunia.  Intel adalah pemimpin dalam menghadirkan PC yang terhubung ke 4G dan 5G, serta platform PC yang terhubung dengan LTE dan 4G selama bertahun-tahun.

Visi Intel dalam meneropong teknologi pada sepuluh tahun mendatang membuatnya memahami teknologi apa yang akan sangat berguna dimasa mendatang.  Carlos Cordeiro, Intel Fellow & Wireless CTO, Client Computing Group, Intel Corp. sebuah acara online mengungkapkan,”Intel benar-benar memahami apa yang ada di depan 10 tahun dari sekarang, di mana teknologi akan digunakan, jenis teknologi apa, indoor-outdoor, dengan mobilitas tinggi, mobilitas rendah, kasus penggunaan apa, bagaimana orang akan benar-benar menggunakan teknologi. Kita akan memiliki banyak teknologi.”

Kedepan Gadgetarian di seluruh dunia menginginkan semuanya berjalan cepat bahkan menghitunga hingga 10 terabyte data yang berjarak 10 milidetik dari mereka.  Semuanya menginginkan data dengan latensi rendah atau menghitung dengan latensi rendah dan lebih dekat ke pengguna mulai dari cloudifikasi jaringan, komputer dan penyimpanan.  

  • Lompatan besar selanjutnya yang dipersiapkan Intel adalah Wi-Fi 7, yang dibangun di atas spektrum 6 GHz yang ditingkatkan.  Spektrum 6 GHz memiliki keandalan yang lebih tinggi serta latensi yang jauh lebih rendah dengan kecepatan 5 Gbps atau lebih.  Hal ini karena kanal yang lebih lebar yaitu kanal 320 MHz yang naik dari 160 MHz di Wi-Fi 6 dan 4K-QAM, Multi-Link Operation, atau Multi-RU Puncturing, dan Deterministic Latency.
  • Secara garis besar Intel selama ini telah memberikan banyak kolaborasi dan inovasi, yang akhirnya mempermudah dan membuat lebih banyak pekerjaan yang bisa Gadgetarian lakukan setiap hari maupun saat Anda berada di rumah.