Connect with us

News

Setiap 10 Detik, Smartphone OPPO Lahir di Indonesia

Published

on

Tingginya permintaan smartphone di Indonesia membuat produsen smartphone memacu produksinya dan dalam jumlah yang besar.  Ketentuan pemerintah dalam menerapkan TKDN sebesar 35% dan kewajiban diproduksi di Indonesia membuat para produsen smartphone membangun pabriknya di Indonesia.  Salah satu produsen smartphone di Indonesia yaitu OPPO yang telah memproduksi sendiri smartphonenya di Indonesia sejak 2014 lalu.

Tingginya permintaan smartphone OPPO membuatnya merelokasi pabrik ke kawasan Tangerang, Banten.  Dipilihnya Tangerang sebagai basis produksi smartphone OPPO di Indonesia karena kawasan ini dekat dengan bandara serta pelabuhan.    Pada Agustus 2022 lalu, OPPO Indonesia baru saja menggunakan pabrik barunya itu.  Pabrik megah yang tampak luarnya seperti sebuah mall ini memiliki kapasitas produksi hingga 2 juta unit per bulan.

Pabrik moderen OPPO Indonesia ini dioperasikan oleh PT. Bright Mobile Telecommunication. Menurut Jefry Firman de Haan, Business Performance Manager PT. Bright Mobile Telecommunication, “Di pabrik ini lahir smartphone baru OPPO setiap 7-10 detik.”  Jefry menambahkan bahwa pabrik baru OPPO ini mirip dengan pabrik utamanya di Tiongkok bahkan bisa dibilang sama hingga warnanya.  Sistim produksi dan mesin yang digunakan pun merupakan standar pabrik OPPO di Tiongkok, sehingga sangat banyak alat produksi yang diimpor langsung dari Tiongkok.

Saat diundang untuk mengunjungi proses produksi OPPO A77s di pabrik barunya, terlihat proses produksi yang rapi, bersih dan juga presisi yang dikerjakan oleh para tenaga terampil yang terlatih.  OPPO menerapkan kontrol kualitas yang ketat dengan menyipakan beberapa skenario jika terjadi permasalahan produksi dengan penanganan yang berjenjang.  Lini produksi yang sebagian besar pekerjanya adalah wanita ini diisi oleh seluruhnya pekerja lokal yang 30%nya merupakan warga sekitar pabrik.

OPPO mengharapkan pabrik barunya ini dapat memenuhi permintaan smartphone OPPO di Indonesia bahkan disaat peak season sekalipun seperti saat akhir tahun dan juga lebaran.  Proses produksi yang cepat dan juga presisi sebagai bagian dari usaha OPPO memberikan produk yang terbaik untuk para konsumennya di Indonesia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *