Connect with us

News

Snapdragon 7+ Gen 2 Chipset Andalan Smartphone High-Range

Published

on

Persaingan chipset smartphone dunia kini semakin sengit seiring banyaknya smartphone yang muncul selama selama ini.  Selama ini di pasar terdapat nama Snapdragon, Mediatek hingga Unisoc yang banyak menyuplai untuk smartphone entry level, sedangkan untuk kelas menengah dan atas disuplai oleh Qualcomm Snapdragon dan Mediatek.

Salah satu merek chipset yang menjadi andalan banyak produk adalah Snapdragon yang saat ini memiliki chipset baru untuk memberikan kinerja terbaik pada smartphone high-range. Untuk memenuhi kebutuhan chipset di kelas high-range, Qualcomm menghadirkan Snapdragon 7+ Gen 2.  Untuk segmen high-range memang selama ini seperti kosong karena banyak yang menggunakan Snapdragon seri 6.

Belum lama ini chipset kelas high-range Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 melakukan debutnya di hape POCO F5, yang telah dirilis untuk pasar global. Snapdragon 7+ Gen 2 ini memiliki berbagai macam kelebihan yang jauh lebih unggul dibandingkan pendahulunya, bahkan mungkin bisa disejajarkan dengan seri-seri di atasnya.

Sejumlah peningkatan pada Snapdragon 7+ Gen 2 tampak signifikan dibanding Snapdragon 7 Gen 1, pendahulunya. Pada prosesor (CPU), contohnya, kecepatan clock Snapdragon 7+ Gen 2 mencapai 2,92 GHz, atau lebih cepat hingga 50%*.

Ini adalah kali pertama Snapdragon 7-series menggunakan Arm Cortex X-series untuk core CPU-nya, sama dengan yang digunakan oleh seri flagship Snapdragon 8 Gen 1. Kalau dirinci, delapan core Snapdragon 7+ Gen 2 terdiri atas 1 core utama berbasis Arm Cortex X2, 3 core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, dan 4 core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510.

Dengan begini, konfigurasi core di CPU Qualcomm Kryo milik Snapdragon 7+ Gen 2 menjadi sama dengan milik Snapdragon 8 Gen 1. Bahkan kecepatan clock masing-masing core di antara kedua chipset tersebut terpaut sangat tipis. Berikut perbandingannya:

Perbandingan core Snapdragon 7+ Gen 2 dengan Snapdragon 8+ Gen 1 tiap cluster­-nya

Snapdragon 7+ Gen 2

Snapdragon 8+ Gen 1

1 Core utama

Arm Cortex X2 (2,92 GHz)

Arm Cortex X2 (3 GHz)

3 Core performa

Arm Cortex A710 (2,45 GHz)

Arm Cortex A710 (2,5 GHz)

4 Core efisiensi

Arm Cortex A510 (1,8 GHz)

Arm Cortex A510 (1,8 GHz)

 

Hadirnya Snapdragon 7+ Gen 2 menjadi jembatan bagi smartphone gaming yang ingin membanderol perangkatnya dengan harga yang lebih terjangkau.  Snapdragon 7+ Gen 2 dibangun di atas proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit, dengan dukungan 5G, dan secara keseluruhan, konsumsi daya Snapdragon 7+ Gen 2 lebih hemat 13% dibanding pendahulunya.  Sepertinya tak lama lagi akan banyak smartphone gaming yang ditenagai oleh Snapdragon 7+ Gen 2 untuk kinerja yang lebih baik dengan harga yang terjangkau.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *