Connect with us

News

Hadirkan Printer Photo Inkjet, Epson Bakal Makin Digdaya di Indonesia

Published

on

Persaingan printer di Indonesia memang tak seramai smartphone karena pemainnya cenderung tak terlalu banyak, dan nampak tidak seimbang.  Hal ini karena pasar printer Indonesia dikuasai oleh Epson yang posisinya tak tergoyahkan selama beberapa tahun silam terutama untuk jenis inkjet.  Epson digdaya di pasar printer inkjet di Indonesia dengan penguasaan pasar sebesar 57%.  Hal inilah yang membuat persaingan pasar printer di Indonesia “tidak menarik” karena dominasi Epson.

Kedigdayaan Epson nampaknya akan terus terjadi di pasar printer Indonesia karena produsen asal Jepang tersebut baru saja menghadirkan beberapa produk barunya ke Indonesia.    Epson secara resmi meluncurkan Printer Tangki Tinta Foto Epson L8050 A4 dan Printer Tangki Tinta Foto Epson L18050 A3+ WiFi, dua tambahan terbaru dari seri EcoTank Epson, yang dibuat untuk meningkatkan batasan-batasan dalam industri pencetakan foto dengan fitur-fitur yang telah disempurnakan.

Bersamaan dengan kemampuan pencetakan foto ini, printer EcoTank ini menggabungkan Teknologi Bebas Panas Epson. Ini merupakan bukti komitmen Epson terhadap keberlanjutan, karena tidak ada panas yang dihasilkan dalam proses pencetakan.  EcoTank L8050 dan L18050 menawarkan solusi pencetakan foto A3 tanpa tepi yang hemat biaya, dan sangat sesuai untuk gambar desain, dan foto yang memukau, serta pencetakan media serbaguna, seperti pencetakan DVD/CD1) dan PVC1).

Printer jenis ini sangat cocok untuk bisnis modern, model-model baru ini memiliki desain tangki tinta yang terintegrasi, sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam ruangan yang lebih kecil. Selain itu, desain yang ringkas menghasilkan jejak yang lebih sedikit, setidaknya 30% lebih sedikit dibandingkan dengan model pendahulunya yang lebih besar. Printer ini juga dilengkapi dengan kotak perawatan yang dapat diganti, sehingga memudahkan perawatan, mengurangi waktu henti dan meningkatkan produktivitas bisnis.

Untuk printer jenis ini, Epson bahkan mencatatkan penguasaan pasar hampir 100% karena hampir tak ada pesaing yang menghadirkan printer jenis ini di Indonesia.  IDC merilis data bahwa pada 2021 & 2022, Epson menguasai market share printer jenis inkjet photo di Indonesia dengan 93%.  Sedangkan hingga semester 1 2023 ini Epson menguasai 100% pangsa pasar printer jenis inkjet photo di Indonesia.

“Peluncuran model L8050 dan L18050 mendukung tujuan Epson untuk tetap kompetitif di pasar foto dan menangkap permintaan yang terus meningkat dalam pencetakan media serbaguna. Dengan menggabungkan kegunaan yang cerdas dan kemampuan pencetakan foto yang lebih baik, tambahan baru pada seri Epson EcoTank ini bertujuan untuk membuat terobosan baru dalam lanskap pencetakan foto,” ujar Syahrizal Aprianto selaku Head of Product Marketing Printer PT Epson Indonesia.

Epson membanderol kedua printer photonya tersebut dengan harga MSRP L18050 (A3) = 12,250,000 (Include VAT) dan MSRP L8050 (A4) = 5,750,000 (include VAT)

Para petingi Epson saat peluncuran dua printer inkjet photo Epson

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *