Connect with us

Coffee Break

Sang Penunjuk Waktu yang Semakin Pintar

Published

on

Gadgetarian pasti sudah tidak asing dengan keberadaan smartwatch, bahkan sudah banyak koleksi di rumah. Smartwatch adalah jam tangan pintar yang memiliki fitur lebih dari sekadar menunjukkan waktu. Smartwatch dapat terhubung dengan smartphone dan perangkat pintar lainnya untuk melakukan berbagai macam tugas, seperti menerima notifikasi, melakukan panggilan telepon, mengirim pesan teks, mengontrol musik, melacak aktivitas fisik, dan masih banyak lagi.

Konsep smartwatch pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972 dengan nama “Pulsar”, yang diproduksi oleh Hamilton Watch Company. Pulsar merupakan jam tangan digital pertama di dunia, namun belum termasuk dalam kategori smartwatch karena belum memiliki fitur-fitur pintar seperti yang kita kenal saat ini.

Pada tahun 1982, Seiko merilis model T001 yang mampu menampilkan konten televisi. Jam tangan ini menjadi sangat populer, bahkan menjadi salah satu properti dalam film  James Bond berjudul “Octopussy”.

Pada awal 2000-an, mulai bermunculan perangkat-perangkat elektronik wearable, seperti personal digital assistant (PDA) dan fitness tracker. PDA merupakan perangkat genggam yang memiliki fungsi seperti komputer, sedangkan fitness tracker merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk melacak aktivitas fisik dan kesehatan.

Pada tahun 2013, Samsung merilis Galaxy Gear, yang merupakan smartwatch pertama yang kompatibel dengan smartphone. Galaxy Gear memiliki layar sentuh dan dapat digunakan untuk menampilkan notifikasi, melakukan panggilan telepon, dan mengirim pesan teks.

Pada tahun 2015, Apple merilis Apple Watch, yang menjadi salah satu smartwatch paling populer di dunia. Apple Watch memiliki desain yang elegan dan fitur-fitur yang lengkap, seperti pelacak aktivitas fisik, monitor detak jantung, dan GPS.

Sejak saat itu, perkembangan smartwatch semakin pesat. Berbagai perusahaan teknologi merilis smartwatch dengan fitur-fitur yang semakin canggih, seperti pembayaran nirsentuh, asisten suara, dan bahkan kemampuan untuk mengukur kadar gula darah.  Smartwatch apa yang sesuai dengan Gadgetarian?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *