Connect with us

News

Roadmap Gen AI Telkomsel Bersama Microsoft

Published

on

Tahun 2023 sebentar lagi akan berakhir dan akan berganti dengan 2024 yang diramalkan akan sangat dinamis terutama dengan adanya perhelatan politik yaitu pemilu.  Dari situasi yang berkembang selama 2023 terlihat bahwa perkembangan teknologi AI sangat menonjol.  Keadaan ini diperkirakan akan berlanjut pada 2024 mendatang dimana teknologi AI akan semakin populer dan semakin banyak diterapkan.

Penerapan AI yang umum kini sudah banyak kita jumpai seperti pada smartphone maupun layanan seluler lainnya seperti 5G.  Teknologi otonomus juga banyak mengadopsi AI sehingga bisa berjalan dengan lancar.  Salah satu operator seluler yang bakal banyak mengadopsi teknologi AI adalah Telkomsel yang juga menerapkan banyak teknologi AI pada layanannya.

Dalam acara T-Connext 2023 yang tahun ini mengambil tema ‘Enabling Ecosystem Through AI: Supercharges Innovation for Tomorrow’ yang berlangsung di Jakarta,  Telkomsel melakukan ‘collaboration announcement’ bersama Microsoft.  Fokus penjajakan kolaborasi ini terkait dengan keberlanjutan roadmap Gen AI sebagai akselerator pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Selain itu, rencana tersebut mencakup implementasi Gen AI di Telkomsel, dengan tujuan memberikan produk dan layanan unggulan yang memberikan pengalaman terdepan bagi seluruh pelanggan.  Sesungguhnya Telkomsel sudah menerapkan teknologi AI sebelumnya seperti layanan pelanggan Veronica.

Veronika adalah Asisten Virtual Telkomsel berbasis chat yang bisa ditanya apa saja tentang produk dan layanan Telkomsel maupun topik seru lainnya! Didukung teknologi GenAI by Microsoft Azure OpenAI, interaksi dengan Veronika kini lebih humanis dan alami layaknya mengobrol dengan manusia.

Telkomsel melakukan ‘collaboration announcement’ bersama Microsoft, yang disaksikan oleh Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam (kanan) dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir (kiri). Penjajakan fokus kolaborasi ini terkait dengan keberlanjutan roadmap Gen AI sebagai akselerator pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *