News
Kisah Sukses dengan Indibiz Multifinance

Digitalisasi di sektor jasa keuangan, terutama di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan BPR Syariah, menjadi langkah krusial dalam meningkatkan efisiensi operasional dan membangun kepercayaan nasabah. Berdasarkan data OJK per Juni 2024, terdapat 1.557 BPR dan BPR Syariah yang beroperasi, dan digitalisasi dapat memberikan manfaat signifikan bagi lembaga-lembaga ini.
Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan digitalisasi seperti:
- Efisiensi Operasional: Proses manual dapat digantikan dengan sistem digital yang lebih cepat dan akurat, mengurangi biaya operasional dan potensi kesalahan manusia.
- Kemudahan Akses: Nasabah dapat melakukan transaksi dan mengakses layanan kapan saja dan di mana saja melalui platform digital, meningkatkan kenyamanan dan kepuasan.
- Peningkatan Kepercayaan: Dengan transparansi dan keamanan yang ditawarkan oleh teknologi digital, nasabah dapat merasa lebih aman dalam bertransaksi.
- Analisis Data: Digitalisasi memungkinkan pengumpulan dan analisis data yang lebih baik, yang dapat digunakan untuk memahami kebutuhan nasabah dan mengembangkan produk yang lebih relevan.
Bowo Susanto, Direktur Umum & Operational BPR Centra Artha Tegal, menegaskan komitmen lembaganya dalam hal ini. BPR Centra Artha Tegal telah mengadopsi solusi digital dari Indibiz Multifinance, seperti Omni Communication Assistant (OCA) dan Finnet. OCA membantu dalam mengelola komunikasi secara efisien, sedangkan Finnet menyediakan solusi untuk transaksi keuangan yang lebih terintegrasi dan cepat.
Dengan adopsi teknologi ini, BPR Centra Artha Tegal tidak hanya meningkatkan efisiensi operasionalnya, tetapi juga memperkuat hubungan dengan nasabah melalui layanan yang lebih cepat dan responsif. Digitalisasi ini menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa BPR dan BPR Syariah tetap relevan dan kompetitif di pasar yang semakin bergantung pada teknologi.
“Kami menggunakan produk Indibiz Multifinance seperti OCA untuk komunikasi dua arah kami dengan nasabah. Jadi usai nasabah melaksanakan setoran misalnya, mereka akan mendapatkan notifikasi. Termasuk saat mereka ulang tahun, kami kirimkan ucapan juga,” jelas Bowo.
