Connect with us

News

Pasar Mesin Cuci Akan Tetap Tumbuh Pada 2025

Published

on

Sepanjang 2024, permintaan masyarakat terhadap perangkat rumah tangga masih cukup tinggi terutama pada mesin cuci, AC dan juga TV.  Ketiga produk ini merupakan produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat.  Pasar mesin cuci di Indonesia yang memiliki tiga segmen yaitu twin tub, single tub dan front load juga ramai yang dikuasai oleh Sharp, Samsung, LG dan juga Electrolux.

Lalu bagaimana dengan prediksi pasar home appliance di 2025? Menurut GfK Indonesia – An NielsenIQ (NIQ) Company, pada tahun 2025 pasar mesin cuci di Indonesia diperkirakan akan mempertahankan tren yang sama seperti pada tahun 2024, dengan beberapa pergeseran dalam preferensi konsumen. Segmen mesin cuci twin tub (tabung kembar) diperkirakan tetap menjadi yang paling diminati oleh konsumen Indonesia, karena model ini masih dianggap praktis dan ekonomis, terutama di kalangan rumah tangga dengan kebutuhan mencuci yang lebih sederhana dan anggaran terbatas.

Penguasaan pasar mesin cuci jenis twin tub yang selama ini dikuasai oleh Sharp dengan 28,20% di Indonesia diperkirakan juga bakal terus berlanjut.   Begitu pula dengan pasar mesin cuci jenis front load yang kini dukuasai oleh Samsung dengan 30,4% serta LG dengan 28,20%.  Apalagi kedua merek tersebut terus mengeluarkan produk baru dengan teknologi yang semakin canggih dengan AI yang menjadi perhatian konsumen kelas menengah atas.

Market share mesin cuci di Indonesia 2024. Sumber: Sharp Indonesia

Namun, seiring dengan perubahan gaya hidup dan meningkatnya preferensi terhadap kenyamanan, segmen mesin cuci dengan kapasitas lebih besar dan dari tipe Front Load (bukaan depan) serta Single Tub (tabung tunggal) diperkirakan akan mengalami pertumbuhan permintaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebutuhan kapasitas lebih besar, fitur yang canggih serta perubahan pola belanja dan perhatian terhadap kualitas.

Sebagai hasilnya, pelaku pasar mesin cuci di Indonesia, baik merek lokal maupun internasional, semakin fokus pada inovasi di segmen Front Load dan Single Tub. Hal ini terlihat dari berbagai peluncuran produk baru dan pengenalan fitur-fitur terbaru sepanjang tahun 2024, dengan tujuan untuk menarik konsumen yang menginginkan kenyamanan dan kualitas lebih baik dalam mencuci.  Bahkan Sharp Indonesia yang kini menguasai pangsa pasar twin tub tergoda untuk bersaing di segmen single tub dan front load dengan menghadirkan beberapa produk baru di 2024.

Dengan semakin banyaknya pilihan produk yang tersedia dan semakin berkembangnya daya beli konsumen Indonesia, pasar mesin cuci pada tahun 2025 diperkirakan akan semakin kompetitif, dengan tren peningkatan permintaan untuk mesin cuci yang lebih efisien dan berkapasitas besar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *