Connect with us

News

Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 22,3% Saat Lebaran

Published

on

Lebaran telah usai, arus mudik di Pulau Jawa dan sekitarnya berjalan lancar walau ada sedikit kemacetan di beberapa titik namun tak begitu berarti seperti kejadian di Brexit dua tahun lalu.  Lancarnya arus mudik ke beberapa kota besar di Jawa ternyata tak menurunkan trafik layanan data beberapa operator seluler termasuk Telkomsel.  Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3% jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 109%.

Wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta Bali dan Nusa Tenggara mengalami peningkatan penggunaan layanan data tertinggi hingga 40,5% dibandingkan hari normal. Begitu pula secara volume, trafik layanan data yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut merupakan yang tertinggi secara nasional, menembus angka 3,77 Petabyte.

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Pasar Turi Baru Surabaya, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan Terminal Leuwipanjang Bandung. Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Batu Karas Pangandaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak, dan Pantai Santolo Garut.

Seperti tahun-tahun lalu, media sosial masih menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7%.  Momen Piala Dunia menjadi pemicu kenaikan trafik layanan video streaming sebesar 31,3% dimana beberapa waktu lalu Telkomsel meluncurkan layanan nonton Piala Dunia 2018 secara streaming dengan aplikasi MaxStream. Sedangkan kontribusi ketiga terbesar adalah pada layanan pesan instan sebesar 14,1%. Sementara itu, aplikasi yang menjadi favorit pelanggan Telkomsel selama periode Lebaran tahun ini adalah YouTube yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2%, diikuti Instagram (19,3%) dan Facebook (13,3%).

Direktur Network Bob Apriawan mengatakan, “Kami bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran. Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman.”

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *