Connect with us

Coffee Break

The Conjuring 2 (2016) – Horor yang Sesungguhnya

Published

on

Peggy Hodgson (Frances O’Connor) dan empat orang anaknya mengalami kejadian-kejadian aneh yang menyeramkan, mulai dari benda-benda yang bergerak sendiri, suara menyeramkan, sampai penampakan. Segala gangguan supranatural tadi berakibat buruk bagi mereka terutama untuk putri keduanya, Janet Hodgson (Madison Wolfe). Serangkaian serangan mengerikan yang sempat menghebohkan media Inggris itu pun akhirnya membuat dua paranormal terkenal, Ed Warren (Patrick Wilson) dan istrinya, Lorraine Warren (Vera Farmiga) turun tangan untuk membantu keluarga malang tersebut. Namun tanpa mereka sadari, teror yang sesungguhnya baru akan datang kemudian.

James Wan adalah sutradara film horor jenius nan cerdas di abad ini. Kesuksesan seri horor Insidious dan The Conjuring, ditambah dengan Furious 7 yang bergenre action adalah bukti kehebatannya. Dan sihir dari tangan emasnya masih ada di sekuel terbaru The Conjuring. Memang, The Conjuring 2 masih menggunakan formula yang sama dengan pendahulunya. Formula haunted house klasik, jump scare, scoring menyeramkan, ditambah dengan label kisah nyatanya. Namun jangan pernah sedikitpun meragukan James Wan, karena ia akan tetap membuatmu terkencing-kencing di celana.

Narasinya memang klise namun Wan benar-benar mampu menyajikan teror yang mendebarkan. Ia pintar menyajikan visual berkelas dengan pengambilan sudut-sudut gambar yang bergerak indah dan seirama dengan cerita. Pojok ruangan yang gelap, kesunyian malam, sampai hal-hal remeh sekalipun mampu dimaksimalkan oleh Wan menjadi tontonan menakutkan. Perpaduan scoring yang menghanyutkan dan menyeramkan di saat bersamaan dikerjakan dengan baik oleh Joseph Bishara. Don Burgess pun sukses menyajikan sinematografi indah yang menjadikan The Conjuring 2 memiliki visual mengagumkan. Dan akhirnya, jump scare yang selalu hadir di saat tepat dan pastinya akan membuat penonton menjerit-jerit ketakutan.

Divisi akting pun mampu menampilkan kinerja yang memuaskan. Duet Patrick Wilson dan Vera Farmiga semakin padu sebagai pasangan suami istri yang selalu berperang melawan makhluk dari dunia lain. Mereka mampu menampilkan chemistry yang kuat dengan bumbu darama sentimental yang hadir dalam porsi yang pas. Namun kredit khusus patut diberikan kepada gadis cilik Madison Wolfe yang tampil sangat mengesankan. Pemain lainnya juga tampil sama baiknya. Kehadiran mereka memang tidak luar biasa namun setidaknya masih mampu mengimbangi pemeran utamanya. Jangan lupakan juga sosok Demon Nun, Valak yang sekarang menjadi viral dibahas di media sosial. The Conjuring 2 sukses mengimbangi apa yang sudah dicapai oleh film pertamanya.