Connect with us

News

Terlalu Kuat, Merek Motorola Batal Dihilangkan

Published

on

Setelah mengakuisisi Motorola dari Google pada 2014 lalu, Lenovo memutuskan mereka akan secara perlahan menghilangkan nama Motorola. Tapi, ternyata tak mudah mengganti merek yang sudah dikenal luas sebagai penemu ponsel. Menggunakan brand Moto by Lenovo, vendor asal Tiongkok itu berharap dapat menyuntikkan nama besar Motorola ke dalam popularitas Lenovo yang tengah melejit di belahan Timur. Membuang logo ikonik sayap kelelawar, dan produk-produk Lenovo masih dikenali sebagai bagian dari produk Motorola.

Lihat saja produk flagship Motorola saat ini, Moto Z Force. Satu-satunya merek Moto yang ada di ponsel itu terletak di atas fingerprint scanner, dan logo itu pun ada di bagian belakang ponsel. Bahkan melalui iklan televisinya, Lenovo menegaskan brand Moto by Lenovo-nya dengan membuat pertanyaan retorika di iklan itu, “apakah Moto baru saja mengeluarkan smartphone terpintar?”. Brand tersebut juga tampil di semua bagian dari produk Lenovo, termasuk kardus ponsel. Mereka seakan ingin bilang jika Motorola kini adalah Lenovo.  

Tapi ada sesuatu yang berubah di internal Lenovo. Menurut pernyataan dari chief marketing officer Motorola, Jan Huckfeldt, merek Motorola bukan hanya akan kembali lagi tapi akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Huckfeldt mengatakan jutsru nama Lenovo yang akan dihilangkan dari produk smartphone-nya  kecuali untuk pasar India. Apa yang dilakukan Lenovo Ini merupakan sebuah langkah cerdas. Jika sebuah vendor ingin meningkatkan penjualan, mereka harus bisa mengelola semua aset yang ada untuk mencapai target yang diincar. Nama Motorola dan logo sayap kelelawar merupakan aset yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan.

“Kami ingin orang langsung mengenali produk kami sebagai ponsel Motorola,” ujar Huckfeldt. Menurut roadmap terbaru yang dirilis Lenovo, akan ada lima seri ponsel Moto yang akan diluncurkan di sepanjang tahun ini, yaitu seri Z, X, G, E dan C. Semuanya punya tampilan yang hampir serupa. Belum bisa dipastikan kapan nama Motorola akan kembali sepenuhnya dan akan diterapkan di pasar mana saja. Tapi, senang rasanya mendengar brand Motorola batal menghilang dari dunia ponsel.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *