Connect with us

Product Info

Asus Zenfone 4 Selfie “Wonderful Selfie Camera”

Published

on

Selfie masih menjadi tren untuk semua orang terutama kalangan anak muda yang doyan narsis. Tentunya hal ini menjadi lahan bisnis untuk para vendor smartphone di luar sana dengan merilis smartphone yang mengunggulkan kamera selfie sebagai nilai jual utamanya. Tidak terkecuali untuk Asus yang merilis Asus Zenfone 4 Selfie untuk Gadgetarian yang maniak selfie dengan beragam fitur menarik.

Desain

Asus Zenfone 4 Selfie memiliki bodi berdimensi 155.7 x 75.9 x 7.9mm dengan bobot 144 gram. Bagian atas layarnya terdapat dua kamera selfie yang terdapat di kanan dan kiri atas serta speaker untuk telepon dan lampu flash LED, sedangkan bagian bawah layar terdapat dua tombol kapasitif dengan tombol Home diantaranya. Tombol Home ini juga berfungsi sebagai sensor fingerprint dengan kecepatan membuka layar hanya dalam waktu kurang dari setengah detik. Speaker dan lubang untuk mengisi daya terletak di bagian bawah.

Beralih ke bagian belakang, Asus menggunakan material metal bertekstur yang menjadikannya tidak licin saat digenggam. Desain bodi metalik yang diusungnya juga dilengkapi lingkaran konsentris yang terdapat di bagian kamera belakang sehingga terlihat berkilau jika dilihat dari sudut yang berbeda. Poin plus juga kami berikan berkat penggunaan triple slot yang diusungnya, yakni dua slot SIM card nano dan satu slot microSD. Triple slot ini terdapat di sisi kiri smartphone, sedangkan sisi kanannya diisi tombol daya dan volume. Untuk membuka tempat slot, Asus menyediakan pin yang bisa dimasukkan ke lubang dekat tempat slot untuk mengeluarkannya.

Layar

Asus Zenfone 4 Selfie memiliki layar seluas 5.5 inchi berteknologi IPS LCD dengan menggunakan kaca lengkung 2.5D Curved Glass yang terlihat frameless. Resolusi yang ditawarkannya hanya sebatas HD 720 x 1280 piksel, namun layar Asus Zenfone 4 Selfie masih mampu menampilkan gambar dengan warna yang tajam. Sayangnya, sepertinya Asus tidak membekali Zenfone 4 Selfie dengan pelindung layar Gorilla Glass sehingga Gadgetarian harus lebih berhati-hati lagi jika ingin menaruhnya di saku atau tas jika tidak ingin layar tergores.

Tampilan antarmuka Asus Zenfone 4 Selfie menggunakan UI buatan sendiri, yaitu ZenUI 4.0 yang berjalan pada sistem operasi Android Nougat 7.1.1. User Interface yang digunakannya membuat tampilan layar terlihat bersih dan rapi dengan animasi ikon yang halus pergerakannya. Tersedia juga fitur multi-windows untuk menyuguhkan pengalaman multitasking yang menyenangkan.

Kinerja

Asus membenamkan prosesor Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 yang dipadukan dengan prosesor Octa-core 1.4GHz Cortex-A53, GPU Adreno 505, dan RAM 4GB ke dalam Zenfone 4 Selfie untuk memberikan performa yang kencang. Kami cukup puas dengan kinerjanya terutama saat kami gunakan untuk memainkan game-game seperti Asphalt Xtreme dan Into the Dead 2. Hasilnya, tidak terjadi penurunan frame rate dan game tetap berjalan dengan lancar. Membuka dua aplikasi secara bersamaan juga tanpa kendala.

Kinerja yang dihasilkannya selama seharian penuh tentunya membutuhkan sokongan batere dengan daya yang besar. Asus Zenfone 4 Selfie membenamkan batere berkapasitas 3.000mAh dengan daya tahan smartphone yang cukup lama, yaitu sekitar 12 jam dengan penggunaan normal, seperti chatting, internetan, bermain game, dan sesekali foto-foto. Kapasitas penyimpanan internalnya sebesar 64GB yang masih bisa diperluas lagi menggunakan slot microSD eksternal dengan kapasitas maksimal 256GB.

Kamera

Embel-embel kata selfie yang digunakan tentunya bukan tanpa alasan. Asus Zenfone 4 Selfie mengusung dual kamera selfie dengan resolusi yang berbeda, yakni 20 megapiksel dan 8 megapiksel. Kamera depan beresolusi 20 megapiksel menggunakan sensor Sony IMX362 dengan aperture f/2.0. Hasil foto yang dihasilkan saat mode standar terlihat terang dan sangat sedikit noise yang muncul bahkan saat kondisi kurang cahaya. Sedangkan kamera depan dengan mode wide-angle memiliki resolusi 8 megapiksel dengan jangkauan sudut pandang 120 derajat agar lebih banyak orang yang bisa ikutan foto-foto. Asus juga menyediakan tombol khusus untuk berpindah dari mode normal ke mode wide angle dengan lebih mudah.

Sayangnya, kami menemukan kekurangan saat menggunakan mode wide angle. Hasil foto yang ditampilkan memang lebih luas namun warna yang dihasilkan cenderung lebih gelap dan noise yang muncul sedikit mengganggu. Jika ingin foto selfie dengan efek bokeh, Asus menyediakan fitur Portrait Mode. Namun, hasil foto dengan efek bokeh terlihat seperti tempelan sehingga terkesan kurang natural. Kamera selfie Asus Zenfone 4 Slefie juga memiliki Mode Beauty yang bisa menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, mengubah ukuran mata, dan membuat pipi terlihat lebih tirus.

Agar hasil selfie lebih menarik, Asus menyediakan aplikasi Selfie Master dengan 10 tingkat beautification. Efek yang didapat diantaranya menghilangkan kerutan dan jerawat, mengatur kecerahan kulit dan lainnya. Hasil fotonya menakjubkan dengan wajah yang terlihat lebih halus sehingga pamer foto di media sosial jadi lebih pede. Fitur ini tidak hanya untuk mengedit foto saja namun juga video secara real time.

Asus juga tidak melupakan kamera belakangnya. Asus Zenfone 4 Selfie memiliki kamera belakang berkekuatan 16 megapiksel dengan aperture f/1.8 menggunakan Sony IMX362 image sensor yang dipadukan dengan ASUS SuperPixel Engine. Sistem Phase Detection Autofocus-nya  mirip dengan yang ada di kamera DSLR sehingga Gadgetarian dapat mengambil fokus hanya dalam beberapa detik saja. Hasil foto yang dihasilkan terlihat tajam dan jernih bahkan saat mengambil gambar objek yang bergerak.

Asus juga menyediakan Mode Pro jika Gadgetarian ingin melakukan pengaturan kamera layaknya DSLR dengan mengatur white balance, exposure, fokus, ISO hingga shutter speed mulai dari 1/16000 hingga 32 detik. Gadgetarian juga dapat melakukan zoom hingga 4 kali. Hasil foto menggunakan zoom hingga dua sampai tiga kali hasil foto masih terlihat tajam dan jernih, namun saat pembesaran hingga 4 kali, foto terlihat agak blur. Selain itu masih ada Mode Super Resolution yang secara otomatis akan menggabungkan foto dan menghasilkan foto beresolusi 64 megapiksel, animasi GIF, Mode Slow Motion, serta Mode Panorama untuk mengambil gambar landscape 270 derajat.

Sayangnya, Asus Zenfone 4 Selfie minus fitur Optical Image Stabilization (OIS) namun Asus menggantinya dengan membenamkan fitur PDAF dan Electronic Image Stabilization (EIS) untuk mengurangi getaran dan menjaga kestabilan saat memotret. Kameranya juga mampu merekam video beresolusi 1080p@30fps.

Konektivitas

Fitur Dual SIM-nya bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet 4G LTE Cat4, namun jika Gadgetarian menggunakan dua kartu sekaligus, hanya satu kartu yang bisa mengakses jaringan internet 4G sedangkan kartu lainnya hanya bisa digunakan mengakses internet pada jaringan 3G saja. Selain itu, Asus Zenfone 4 Selfie memiliki konektivitas nirkabel WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.1, dan A-GPS serta Glonass. Sayangnya, port yang digunakan belum Type-C karena masih menggunakan port MicroUSB 2.0.

Asus Zenfone 4 Selfie akan memanjakan Gadgetarian yang hobi selfie dan pamer foto di media sosial. Fitur Selfie Master yang disediakan sangat membantu untuk membuat hasil foto terlihat jauh lebih halus. Tetapi, kinerja yang ditawarkan terbilang memuaskan. Kualitas kamera belakangnya juga mampu menghasilkan foto dengan warna tajam, jernih, dan natural. Asus Zenfone 4 Selfie tidak boleh dilewatkan untuk para pemuja foto narsis.

Harga

Rp 3.499.000

Product facts

Dual kamera depan beresolusi tinggi dengan mode wide angle

Desain elegan dan nyaman digenggam

Batere tahan lama

Noise yang muncul saat menggunakan mode wide angle cukup mengganggu

Spesifikasi:

Dimensi/Berat:

155.7 x 75.9 x 7.9mm / 144 gram

Layar:

5.5 inchi IPS LCD (HD 720 x 1080 piksel), 2.5D Curved Glass

Software:

OS Android Nougat 7.1.1, ZenUI 4.0

Hardware:

Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430, prosesor Octa-core 1.4GHz Cortex-A53, RAM 4GB, GPU Adreno 505

Kamera Belakang:

16 megapiksel, aperture f/1.8, Phase Detection Autofocus, Electric Image Stabilization, LED Flash, Beauty Mode, video 1080p@30fps

Kamera Depan:

20 megapiksel dan 8 megapiksel wide angle, aperture f/2.0, Selfie Master, video 1080p@30fps

Konektivitas:

Dual Nano SIM, LTE Cat4 150/50Mbps, WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, A-GPS, GLONASS, microUSB v2.0, USB On-The-Go

Batere:

Non-removable Li-Ion 3000mAh

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *