Connect with us

News

Fiber Media dan LinkNet Jalin Kerjasama Demi Efisiensi

Published

on

First Media penyedia tv berbayar dan layanan internet bakal terus mengembangkan layanannya terutama di Jabodetabek.  Pangsa pasar yang sangat besar di Jabodetabek membuat First Media terus berusaha mengembangkan layanannya di wilayah ini.   Salah satu usahanya dalam mengembangkan layanannya di Jabodetabek adalah dengan menggunakan jaringan Fiber optik bawah tanah.   Agar dapat mengefisienkan pengembangannya,  First Media melalui induk perusahaannya, LinkNet bekerjasama dengan Fiber Media yang memiliki jaringan Fiber optik sangat luas di Jabodetabek.

Kerjasama ini membuat First Media tidak perlu lagi membangun tiang tumpu dari awal, belum lagi proses perizinan yang lama. Dari sisi capex, biaya yang dikeluarkan juga menjadi lebih efisien.  Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk, Marlo Budiman, menyampaikan, kerja sama ini memungkinkan Link Net untuk mengakses tiang tumpu milik Fiber Media Indonesia yang berjumlah 140.000 atau sekitar 5.600 kilometer (Km) yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Begitu juga dengan pihak Fiber Media Indonesia yang bisa mengakses sekitar 300.000 tiang tumpu milik Link Net. Adapun sistem yang disepakati melalui kerja sama ini adalah menyewa.

Ke depannya, kerja sama ini akan dikembangkan hingga ke pemanfaatan subduct bersama (jaringan kabel fiber optic bersama di bawah tanah) sesuai dengan arah kebijakan pemerintah daerah dan kota dengan melakukan efektivitas pemakaian tiang tumbuh dan mulai melakukan pemindahan jaringan fiber optic dari tiang tumpu ke jaringan bawah tanah.