Connect with us

News

INET Gandeng DTP Untuk Hadirkan Internet Hingga Daerah Terpencil

Published

on

PT Sinergi Inti Andalan Prima Tbk (INET) yag merupakan perusahaan internet berbasis kabel fiber optic yang memiliki jangkauan kabel sepanjang 3,500KM di Pulau Jawa resmi menggandeng PT Dwi Tunggal Putra (DTP).  Dengan jangkauan 140 juta populasi, 592 kota, dan 18.000 desa di Indonesia, INET bakal memperluas layanannya dengan DTP yang merupakan perusahaan distributor layanan OneWeb.  Kerjasama OneWeb dengan DTP menghadirkan BuanterOne untuk bersaing dengan Starlink.

OneWeb adalah perusahaan internet berbasis satelit dari Eropa yang telah meluncurkan 428 dari 648 satelit OneWeb secara global yang beroperasi sebagai “Low Earth Orbit (LEO)”. Melalui pancaran broadband internet dari satelit, konektivitas internet dapat disebar ke daerah permukaan bumi langsung kepada pengguna dengan sangat cepat dan rata.

Perusahaan satelit broadband ini juga dimiliki oleh beberapa perusahaan telekomunikasi yaitu Softbank dan Eutelsat yang dikabarkan akan melakukan merger dengan OneWeb. Mengutip dari CNBC Indonesia merger ini akan menghadirkan infrastruktur LEO dan GEO (Geostationery Earth Orbit), dimana pasar konektivitas satelit diperkirakan mencapai US$ 16 Miliar pada tahun 2030.

Kerjasama ini bertujuan untuk memperluas pemerataan jangkauan internet ke daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) atau daerah terpencil di Indonesia untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan pemerataan akses digital di seluruh Indonesia. Teknologi ini menghadirkan harapan baru bagi ribuan desa dan komunitas di Indonesia yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses internet. OneWeb, yang memiliki visi serupa dengan Starlink milik Elon Musk, akan menyediakan konektivitas internet cepat melalui jaringan satelit mereka.

Direktur Utama INET, Muhammad Arif, mengatakan, “Kerjasama ini adalah tonggak penting dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. Kami berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang kuat guna menghadirkan konektivitas internet berkualitas tinggi ke daerah-daerah yang sebelumnya terisolasi.”

Sementara itu, Direktur DTP, Michael Alifen, menyambut baik kesempatan ini dengan mengatakan, “BuanterOne bangga dapat berkolaborasi dengan INET dalam berkontribusi membantu Indonesia mencapai tujuannya dalam mewujudkan konektivitas internet yang merata di seluruh Indonesia.”

Indonesia sedang memasuki era baru konektivitas digital yang akan membawa manfaat luar biasa bagi masyarakat yang sebelumnya kurang tersentuh oleh kemajuan teknologi. Kerjasama ini diharapkan akan mempercepat proses pemerataan akses internet, meningkatkan pendidikan, memungkinkan pelayanan kesehatan jarak jauh, serta mendorong pertumbuhan bisnis digital di daerah-daerah terpencil. Kedua perusahaan berkomitmen untuk menjalankan proyek ini dengan cepat dan efisien.