News
Nasib Nokia Di Tangan Stephen Taylor

HMD Global, the home of Nokia phones, hari ini mengumumkan Stephen Taylor sebagai Chief Marketing Officer. Stephen memiliki pengalaman hampir 30 tahun dalam sales dan marketing di berbagai brand terkenal dunia seperti PayPal dan Samsung. Di HMD Global, Stephen akan bertanggung jawab terhadap keseluruhan strategi dan implementasi marketing untuk seluruh portofolio ponsel Nokia dan bertanggung jawab langsung kepada Florian Seiche, Chief Executive Officer.
Stephen Taylor, Chief Marketing Officer di HMD Global mengatakan, “Saya merasa bangga, tersanjung dan bersemangat, bergabung dengan HMD Global, the home of Nokia phones. Dalam suasana tak menentu bagi kita semua, saya merasa benar-benar beruntung dikelilingi oleh tim yang penuh dedikasi dan semangat, serta telah menyaksikan secara langsung kolaborasi luar biasa menghadapi ketidakpastian. Saya tak sabar untuk melanjutkan perjalanan seru ponsel Nokia dan menjadikannya sebagai perangkat mobile paling digemari di seluruh dunia.”
Nokia sendiri merupakan brand yang pernah menguasai pasar ponsel dunia dan juga di Indonesia pada tahun 1990an hingga awal tahun 2000an. Namun lambat laun ponsel kebanggaan Finlandia ini kalah bersaing dengan ponsel Tiongkok dan Korea. Salah satunya adalah ketika Nokia menggunakan Windows Mobile sebagai OSnya dan makin tenggelam karena ketidak berdayaan Windows Mobile menghadapi Android.
Di Indonesia nasib Nokia tak berangsur membaik meskipun secara kualitas ponsel Nokia sangat baik dan mampu bersaing dengan ponsel Tiongkok dan Korea Selatan. Di Indonesia meskipun masih banyak yang mengenal Nokia namun tak membuat konsumen di Indonesia berpaling ke Nokia karena ponsel-ponsel Tiongkok yang lebih menarik dari sisi harga dan kamera. Butuh kerja dan usaha yang ekstra keras dari Nokia untuk dapat merebut kembali hati konsumen dunia apalagi Indonesia.
Sebelumnya, Stephen adalah CMO PayPal, EMEA, dimana ia melakukan perombakan total terhadap kemampuan digital marketing perusahaan. Ketika ia menjabat sebagai CMO di Samsung Electronics, Eropa, komitmen Stephen terhadap customer acquisition yang berkualitas dan keahliannya dalam CRM, media sosial dan direct-to consumer e-commerce membantu transformasi brand tersebut. Stephen mengawali karirnya bersama sejumlah household brands seperti The Gillette Company dan Procter & Gamble.
Bisa dikatakan Nasib Nokia kini ditangan Stephen sebagai bos marketing. Selamat bekerja Stephen, ditunggu inovasi dan gagasan-gagasan brilianmu untuk dapat merebut pasar ponsel dunia dan juga Indonesia.
