Connect with us

News

Telkomsel Siapkan Kualitas Layanan Terbaik Saat Ramadan dan Idul Fitri

Published

on

Ramadan telah tiba dan hingga 30 hari kedepan, trafik layanan seluler diperkirakan akan terus melonjak hingga berakhirnya masa libur lebaran.  Untuk menghadari lonjakan trafik selama Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) operator seluler melakukan beberapa upaya mencegah menurunnya kualitas layanan akibat tingginya lonjakan trafik layanan seluler pada masa RAFI.  Telkomsel sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak juga telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasinya.

Telkomsel telah melakukan pengamanan dan pemantuan operasional jaringan khususnya layanan broadband yang difokuskan di wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, serta optimalisasi titik layanan pelanggan di berbagai saluran digital.   RAFI tahun ini mirip seperti tahun lalu karena masih dalam masa pandemi, dan pemerintah telah mengeluarkan larangan untuk mudik.  Karenanya pengamanan operasional jaringan Telkomsel sebagai antisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya akses broadband untuk konektivitas digital akan difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19.

Telkomsel juga melakukan pengamanan jaringan di titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan tersebut akan difokuskan di 554 point of interest (POI) di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 255 area residensial, 21 rumah sakit rujukan COVID-19, 43 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 196 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 32 area jalur transportasi dan logistik, serta 7 rumah ibadah besar. 

Meski dilarang mudik oleh Pemerintah namun Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021 jika dibandingkan dengan hari normal di 2021. Trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54%, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14% dan 2,95%.

Telkomsel secara proaktif telah menjalankan berbagai upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps. Selain itu, hingga April 2021, Telkomsel juga telah menggelar tambahan 263 unit BTS 4G/LTE baru, serta lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE.

Telkomsel juga telah melakukan uji jaringan dengan total jarak tempuh dari inisiatif pengujian jaringan tersebut mencapai 15.135 km yang meliputi 57 ruas tol termasuk sejumlah ruas yang baru beroperasi di seluruh wilayah di Indonesia dengan hasil BAIK” di tiap parameter performa.  Sebagai upaya pencegahan lainnya Telkomsel juga telah menyiagakan tim yang harus bertugas dengan kehadiran secara langsung jika terjadi keadaan darurat.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, “Di momen yang baik ini, Telkomsel sebagai digital connectivity enabler berkomitmen untuk menghadirkan layanan bernilai tambah yang diharapkan dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk terus terhubung bersama orang-orang terdekat dan tetap nyaman dalam menjalin silaturahmi melalui pemanfaatan akses teknologi digital terdepan dari Telkomsel. Hal tersebut kami upayakan melalui rangkaian upaya pengamanan jaringan dan optimalisasi pelayanan yang difokuskan dilakukan mendampingi masyarakat dalam menjalani Ramadan dan Idulfitri tanpa kehilangan esensinya, di tengah masa pandemi yang masih berlangsung.”

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *