Connect with us

News

Pusat Pengendali Satelit Republik Indonesia Mulai Di Bangun

Published

on

Cita-cita Indonesia untuk menghubungkan yang belum terhubung dengan layanan internet semakin menjadi kenyataan.  Hal ini karena pemerintah melalui Kemenkominfo dan BAKTI terus menjalankan persiapan mewujudkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA).  Pembangunan satelit yang dilakukan oleh Thales Alenia Space Perancis sejak 2019 lalu ini kini dilanjutkan dengan pembangunan stasiun bumi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Terdapat 11 stasiun bumi yang akan menghubungkan SATRIA dengan bumi yang tersebar di Batam, Cikarang, Banjarmasin,Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manado, Manokwari, Timika dan Jayapura.  Hari ini Menteri Kominfo Jhonny G. Plate meresmikan pembangunan stasiun bumi di Cikarang yang diharapkan akan siap beroperasi pada 2023 mendatang.

Stasiun yang memiliki dua antena besar ini memiliki fungsi sebagai Stasiun Pusat Pengendali Satelit Primer, Network Operation Control, dan Gateway Proyek SATRIA yang merupakan satu kesatuan dari proyek. SNT saat ini sedang dalam tahap proses pengadaan lahan untuk seluruh stasiun bumi yang seluruhnya terdapat di 11 lokasi secara paralel.

Groundbreaking di Cikarang pada hari ini menandai dimulainya pembangunan stasiun bumi Proyek Satelit SATRIA pertama atau SATRIA-1, yang sekaligus menunjukkan bahwa terlepas dari situasi pandemi, upaya-upaya percepatan transformasi digital terus diwujudkan demi menghadirkan konektivitas digital di seluruh pelosok Nusantara. Melalui stasiun pengendali digital ini, Pemerintah dapat: mengendalikan dan mengawasi pergerakan Satelit SATRIA-1, melakukan manajemen jaringan agar sesuai dengan standar kestabilan layanan, serta menjadi sarana komunikasi data antara Satelit SATRIA-1 dengan bumi,” tutur Menkominfo, Johnny G Plate.

Menkominfo didampingi oleh Direktur PSN, Adi Rahman Adiwoso, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Anang Latif; Plt Bupati Bekasi, Dani Ramdhan saat Groundbreaking ceremony Stasiun Bumi Proyek KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah di Cikarang.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *