Connect with us

News

Menkominfo: Pemerintah Bentuk Satgas untuk Percepatan Penyelesaian Pembangunan BTS 4G BAKTI Kominfo

Published

on

Tekad Presiden Joko Widodo dalam membangun jaringan internet 4G hingga ke pelososk Tanah Air memberikan kabar gembira bagi masyarakat yang selama ini tinggal di daerah Tertinggal, Terluar dan Terpencil (3T).  Namun asa itu sempat hilang ketika dana pembangunan infrastruktur 4G di daerah 3T dikorupsi yang salah satunya adalah mantan Menkominfo Jhonny G. Plate yang menjadi tersangka.

Kini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memiliki menteri baru dan mendapat tugas untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan jaringan 4G LTE di daerah 3T yang sempat mangkrak akibat kasus korupsi tersebut.  Untuk itu Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi untuk membentuk satuan tugas (satgas) agar proyek ini dapat berjalan dengan lancar.

Pemerintah segera meresmikan Satuan Tugas Pembangunan base transceiver station atau Satgas BTS 4G BAKTI Kominfo. Hal ini ditegaskan oleh Menkominfo di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat, 22 September 2023. “Bulan ini segera diresmikan. Pemerintah sedang melakukan koordinasi tim satgas,” kata Menkominfo. Peresmian Satgas BTS 4G BAKTI Kominfo ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk percepatan penyelesaian pembangunan BTS 4G BAKTI Kominfo di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T).

Budi Arie Setiadi mengharapkan Satgas BTS mampu menyelesaikan bottleneck yang terjadi dalam pengadaan BTS 4G BAKTI Kominfo. “Satgas BTS 4G BAKTI Kominfo akan melibatkan unsur dari aparat penegak hukum, auditor BPK, BPKP, dan kementerian lembaga lainnya,” ujar Menkominfo.

Pemerintah berkomitmen menuntaskan program pengadaan BTS 4G BAKTI Kominfo untuk pemenuhan hak rakyat dalam memperoleh akses infrastruktur digital.  “Negara hadir dalam konteks menyediakan infrastruktur digital yang baik dan layak bagi masyarakat untuk bisa memperoleh akses konektivitas digital,” kata Menkominfo.

Menteri Kominfo juga meminta semua pihak mendukung percepatan penyediaan infrastruktur digital melalui BTS 4G BAKTI Kominfo untuk memberikan akses jaringan digital kepada masyarakat.  “Karena itu hak rakyat, sehingga semua pihak diharapkan bisa memanfaatkan semua infrastruktur yang dibangun itu,” tuturnya.

Dibentuknya satgas dengan anggota lintas lembaga termasuk aparat penegak hukum memang tidak menjamin proyek pembangunan 4G LTE di kawasan 3T tidak akan kembali bermasalah.  Namun hal ini patut didukung karena satgas bisa menjadi uapaya menghindarkan proyek ini dari para koruptor dan jadi ajang bagi-bagi uang proyek.  Apalagi jelang pemilu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *