Connect with us

News

Peluncuran SATRIA 1 Sukses, HBS Diakhiri

Published

on

Tingginya risiko peluncuran satelit membuat pemiliknya melakukan mitigasi atas risiko apabila terjadi gagal luncur.  Hal ini dilakukan Indonesia saat memulai Proyek SATRIA 1 dengan membuat Proyek Hot Backup Satellite (HBS) yang dirancang untuk dapat beroperasi sebelum atau paling lambat bersamaan dengan Proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha Satelit Multifungsi Pemerintah (KPBU SATRIA).  Proyek ini digunakan sebagai mitigasi atas risiko apabila terjadi gagal luncur dan sekaligus menyediakan kapasitas cadangan sebelum Proyek SATRIA 1 beroperasi secara optimal.

Pada tanggal 18 Juni 2023 di Florida, SATRIA 1 berhasil diluncurkan dan saat ini sedang dalam perjalanan menuju orbitnya di 146 Bujur Timur. Dengan keberhasilan peluncuran tersebut, anggaran HBS akan direalokasikan untuk prioritasi perluasan dan peningkatan akses dan konektivitas digital nasional. Hal tersebut mengingat pentingnya BAKTI untuk memanfaatkan keterbatasan sumber daya finansial dalam menuntaskan target-target inklusi digital.

Sesuai tugasnya dalam memberikan arahan dan rekomendasi kepada BAKTI Kominfo, Satgas BAKTI yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 472 Tahun 2023, telah mengkaji usulan dan menyetujui pengakhiran lebih awal Kontrak HBS setelah aspek urgensi, anggaran, kemajuan kontrak, dan risiko operasional SATRIA 1 yang telah meluncur dengan sukses dianalisa oleh Manajemen BAKTI.

Satuan Tugas BAKTI Kominfo yang bertugas memastikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi oleh BAKTI telah menerima dan memberi rekomendasi terkait governance, riskand compliance atas pengakhiran kontrak hot backup satellite yang disampaikan oleh Direktur Utama BAKTI Kominfo (19 Oktober 2023).

Satgas juga memastikan bahwa manajemen BAKTI telah melakukan mitigasi risiko atas kebutuhan layanan internet di lokasi-lokasi layanan publik serta mengkordinasikan pengakhiran ini dengan KNJ. Satgas menekankan pentingnya BAKTI untuk mempedomani aspek tidak adanya kerugian negara yang timbul akibat pengakhiran kontrak HBS tersebut.

“Satu hal yang juga harus jadi pertimbangan adalah bahwa kita harus fokus kepada SATRIA 1 yang akan banyak menyita energi dan tidak boleh gagal dalam pelaksanaannya. Satelit SATRIA-1 ini akan segera beroperasi awal 2024 sehingga kita akan sangat sibuk sekali dengan bagaimana memanfaatkannya secara optimal, baik untuk kapasitas space segment ataupun ground segment. Jangan sampai kita tidak fokus,” papar Ketua Satgas BAKTI Kominfo, Sarwoto Atmosutarno setelah rapat rutin satgas pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Sebagaimana namanya, HBS berfungsi sebagai satelit cadangan jika satelit internet cepat SATRIA-1 mengalami anomali ketika meluncur. SATRIA-1 sendiri sudah berhasil diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, 19 Juni 2023. Total nilai Proyek HBS adalah Rp. 5,2T. Pembayaran yang telah dilakukan oleh pemerintah adalah senilai Rp. 3,5T ditambah cost of money dan akan dikembalikan oleh KNJ. Saat ini SATRIA-1 sedang dalam perjalanan menuju orbitnya dan diperkirakan dapat dikaryakan pada awal tahun 2024.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *