Connect with us

News

Samsung Ekspor 8 Juta Unit Ponsel Pintar

Published

on

Potensi Indonesia untuk menjadi produsen ponsel dunia sangat besar dan sangat memungkinkan mengingat selama ini Indonesia terus melakukan eksapor ponsel ke berbagai negara.  Salah satu produsen ponsel pintar yang sudah sejak lama melakukan ekspor produknya adalah Samsung Electronic Indonesia.  Produsen ponsel pintar asal Korea ini telah memproduksi ponsel pintarnya sejak lama di Indonesia.  Samsung sendiri mulai melakukan ekspor produknya ke berbagai negara sejak tahun 2018 dan hingga kini jumlah ekspor ponsel pintarnya sudah mencapai 8 juta unit dengan tujuan ke beberapa negara.

Saat melepas melepas ekspor ponsel pintar produksi PT SEIN ke beberapa negara pada hari ini, Kamis (13/10) di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa ekspor elektronik Indonesia mencapai nilai USD 14,1 miliar dengan tren lima tahunan (2017─2021) positif sebesar 6,54 persen. Di tahun yang sama, nilai ekspor telepon seluler (HS 851712) Indonesia mencapai nilai USD 305,8 juta. Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan PT SEIN  beserta jajaran yang terus mendorong peningkatan ekspor Indonesia untuk produk elektronik, termasuk ponsel pintar,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Pabrik Samsung smartphone dan tablet di Cikarang telah beroperasi sejak 2015, dan terus berinvestasi dengan memperbarui sistem operasional produksi menjadi lebih canggih sehingga menambah kapasitas produksi dalam memenuhi permintaan dalam negeri dan ekspor.  Seperti dikutip dari Antara, Samsung memproduksi ponsel pintar di Indonesia yang 70% diperuntukkan bagi pasar domestik sedangkan 30% diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan juga Thailand.  Mendukung rencana pemerintah untuk meningkatkan industri perangkat elektronik, Samsung akan menggandeng perusahaan lokal untuk merakit AC di Indonesia.

Selain memperkuat komitmennya dalam memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Samsung berupaya meningkatkan ekspor, membuka peluang kerja ratusan anak muda dan mendongkrak surplus neraca perdagangan Indonesia. “Samsung berkomitmen mendukung pemerintah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor di pabrik Samsung di Indonesia. Sejak 2018 hingga kuartal ke-3 tahun 2022, kami telah mengekspor lebih dari 8 juta unit smartphone Samsung Galaxy,” kata Presiden PT SEIN Simon Lee.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *