News
Saat Libur Natal 2022 Jaringan IOH Cukup Baik di Jalur Mudik

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Naru). Peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital lebih dari 100 juta pelanggan IOH. Intergrasi jaringan IM3 dan Tri yang sudah berjalan cukup lama memberikan perbaikan layanan kepada Gadgetarian pelanggan IOH yang melakukan mudik Naru tahun ini.
IOH juga mengoptimalkan jaringan di 371 lokasi prioritas seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, rest area, bandara, Pelabuhan, terminal, dan stasiun. Antisipasi dilakukan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas data di masa liburan ini. IOH menyiapkan kapasitas jaringan sekitar 50% lebih besar dari rata-rata trafik harian normal untuk mendukung aktivitas digital pelanggan yang banyak menggunakan aplikasi berbasis video seperti YouTube, Facebook, dan TikTok.
SVP-Head of Network Operations, Agus Sulistio, mengatakan, “Secara umum, IOH telah menyiapkan berbagai dukungan untuk kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan Natal dan dan Tahun Baru. Seluruh upaya yang kami lakukan adalah agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital terbaik selama menjalani masa liburan sekolah, perayaan Natal, dan Tahun Baru nanti.”
Pantauan dilapangan yang dilakukan redaksi nampak layanan IOH di Jawa Tengah baik di Pantai Utara (Pantura) maupun di Jalur Selatan Jawa cukup baik walaupun masih ada beberapa blankspot. Di sepanjang Pantura layanan 4G IOH sudah baik yang dibuktikan dengan penggunaan video call menggunakan smartphone yang cukup lancar meskipun dalam perjalanan di kendaraan. Namun gangguan terjadi saat dari Madiun menuju Yogyakarta yang terdapat beberapa blankspot sehingga video call terdapat gangguan.
Namun saat berada di wilayah wisata memang kualitas jaringan IOH sudah baik mengingat di daerah ini dipersiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Seperti di kawasan Guci Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, layanan IOH terpantau baik dan tidak ada gangguan dan melakukan video call aman dan lancar. Sedangkan penggunaan layanan IOH untuk sekadar chatting maupun Google Map nyaris tanpa hambatan sehingga Gadgetarian tak akan tersesat. Sedangkan untuk bermain game online maupun Youtube selama di perjalanan masih ada gangguan seperti jeda atau buffering.
IOH mengaktifkan Command Center khusus selama 24/7 sejak 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Augmented Reality/Machine Learning) dan otomasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan. Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard untuk mendukung Command Center.
