Connect with us

TechKnow

 Ini Dia Kelebihan Menggunakan eSIM dan Cara Mengaktifkannya

Published

on

Jika Gadgetarian hanya tau yang kita gunakan selama ini dalam smartphone hanyalah kartu SIM, maka Gadgetarian salah.  Karena kini kita tak hanya bisa menggunakan kartu SIM yang bentuknya kini semakin kecil, ada lagi yang namanya eSIM atau (embedded Subscriber Identity Module) yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan SIM fisik tradisional.  Salah satu kelebihannya adalah dalam segi keamanannya, meskipun tak sepenuhnya aman namun sistem enkripsi yang ketat, membuatnya sangat aman dari kejahatan siber.

Salah satu operator seluler yang menyediakan eSIM bagi para pelanggannya adalah Smartfren. Gadgetarian bisa menggunakan eSIM Smartfren dan menikmati tingkat keamanan data privasi yang lebih baik dari sisi enkripsi dan data kredensial.  Perbedaan utama antara eSIM dan kartu SIM terutama adalah wujudnya, karena eSIM disematkan langsung kedalam perangkat seperti smartphone.  eSIM adalah chip kecil yang terintegrasi secara langsung ke dalam perangkat, tidak memerlukan kartu fisik.

eSIM memiliki beberapa fitur keamanan yang membuatnya dianggap aman setidaknya jika dibandingkan dengan kartu SIM biasa yang memiliki fisik.  Berikut adalah beberapa alasan mengapa eSIM dianggap sebagai solusi yang aman:

  1. Keamanan Fisik: eSIM terintegrasi langsung ke dalam perangkat elektronik, seperti ponsel pintar atau smartwatch. Ini berarti eSIM tidak dapat dicuri, hilang, atau rusak secara fisik seperti SIM fisik tradisional. Tidak adanya komponen fisik yang dapat diambil atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang meningkatkan keamanannya.
  2. Enkripsi: Data pada eSIM sering dienkripsi untuk melindungi informasi pribadi dan keamanan pengguna. Prosedur enkripsi yang kuat digunakan untuk melindungi data yang disimpan pada eSIM.
  3. Autentikasi dan Otorisasi: eSIM menggunakan protokol keamanan yang kuat untuk memverifikasi dan mengotentikasi perangkat serta operator jaringan. Ini membantu mencegah serangan atau upaya akses yang tidak sah ke profil eSIM.
  4. Remote Provisioning: Salah satu fitur utama eSIM adalah kemampuan untuk mengatur ulang dan memperbarui profil jaringan melalui koneksi jaringan seluler atau nirkabel. Namun, ini hanya dapat dilakukan melalui saluran yang aman dan diatur oleh operator. Prosedur ini memerlukan autentikasi yang kuat, sehingga mencegah akses tidak sah atau perubahan yang tidak diinginkan pada eSIM.
  5. Penggunaan Tanda Tangan Digital: eSIM menggunakan tanda tangan digital untuk memastikan bahwa profil jaringan dan informasi identitas yang dikirimkan antara perangkat dan operator adalah otentik dan tidak diubah selama proses pertukaran data.
  6. Proteksi Kata Sandi: eSIM sering kali dilindungi dengan kata sandi atau PIN yang diperlukan untuk mengakses atau mengaktifkan profil eSIM. Hal ini memberikan tingkat tambahan keamanan jika perangkat Anda hilang atau dicuri.

Meskipun aman namun Gadgetarian diharapkan harus tetap waspada karena sesungguhnya tidak ada sistem yang sepenuhnya bebas risiko. Meskipun eSIM memiliki fitur keamanan yang kuat, kemungkinan kerentanan atau serangan tetap ada. Penting bagi Gadgetarian untuk tetap menjaga keamanan umum perangkat kita, seperti memperbarui sistem operasi, menggunakan kata sandi yang kuat, dan menghindari mengunduh atau menginstal aplikasi yang tidak dipercaya.

Baca juga: Puas Nikmati Konten Pakai Smartfren Kuota M dan Kuota L

Gadgetarian tak asah kawatir dengan perangkat karena ada puluhan tipe gadget  baik Apple maupun Android yang bisa menggunakan eSIM Smartfren, antara lain iPhone XR, XS Max, iPhone 11 series,  iPhone 12 series, iPhone 13 series, iPhone 14 series, dan iPad Pro series.  Sedangkan perangkat yang memakai sistem operasi Android adalah Samsung Galaxy Note 20, Galaxy S22 series, dan Galaxy Watch4 LTE, Huawei P40, P40 Pro, Mate 40 Pro; dan Oppo Find X5 Pro. 

Nah buat Gadgetarian yang tertarik menggunakan eSIM Smartfren, bisa menghubungi call center di nomor 08811223344 untuk melakukan pemesanan eSIM Smartfren.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *