Connect with us

News

Hyundai Apresiasi Pemasok Lokal atas Prestasi R&D

Published

on

Industri otomotif di Indonesia bisa dibilang sudah tua karena memiliki sejarah yang panjang mulai sejak rezim orde baru.  Tak heran jika industri otomotif di Indonesia bisa dibilang sudah memiliki infrastruktur yang cukup mapan dengan hadirnya banyak industri pendukung seperti produsen suku cadang.  Itulah mengapa industri otomotif di Indonesia sudah memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang cukup tinggi.

Salah satu produsen otomotif yang juga sudah memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia adalah produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai.  Produsen yang kini juga memiliki cukup banyak varian mobil listrik ini sudah menjual banyak varian mobil di Indonesia hingga kini.  Seperti produsen otomotif lainnya di Indonesia,  Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memiliki banyak pemasok komponen yang membuat produknya memiliki TKDN yang cukup tinggi.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) berkomitmen untuk melanjutkan tumbuh dan berkembang bersama Indonesia dengan memberikan sertifikat pada tiga pemasok komponen. Sertifikasi ini merupakan puncak dari program Research & Development (R&D) Supplier Education di mana para pemasok telah sukses menyelesaikan seluruh program peningkatan kompetensi dalam kemampuan mendesain komponen mobil.

Sebagai sentra produksi kendaraan Hyundai di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), PT Hyundai Motor Manufacturing aktif menggandeng mitra lokal untuk berbagi teknologi dan meningkatkan kapabilitas serta kompetensi para pemasok. Aktivitas ini dilakukan lewat rangkaian edukasi Supplier Education. Setelah menjalani rangkaian program sejak 2021, tiga pemasok diberi sertifikat atas pencapaian “Kapabilitas Desain Mandiri.”

Sertifikat diberikan pada PT Frina Lestari Nusantara, PT Autoplastik Indonesia dan PT Dasa Windu Agung, para pemasok komponen berstandar kualitas Original Equipment Manufacture (OEM). Mereka membuktikan peningkatan kompetensinya dengan membangun fasilitas riset dan pengembangan (R&D) hinga mampu membuat desain secara mandiri.

Prestasi ini merupakan kali pertama di Indonesia. Di mana pemasok bisa membuat desain komponen sendiri untuk kemudian disuplai pada produsen kendaraan. Konsumen bisa melihat hasil dari pencapaian tiga pemasok ini pada komponen yang melekat pada eksterior dan interior Hyundai STARGAZER X, Hyundai STARGAZER dan Hyundai CRETA.

Dengan dukungan pembinaan HMMI kini para pemasok lokal mampu membuat desain komponen secara mandiri.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *