Connect with us

News

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Published

on

Semakin beratnya kerja komputer membuat perangkat menjadi lebih banyak menghasilkan panas, itulah mengapa perangkat komputer dilengkapi pendingin yang kebanyakan menggunakan udara untuk mendinginkan perangkat dengan menggunakan kipas.  Dewasa ini teknologi pendingin pada perangkat komputer baik besar maupun kecil terus dikembangkan agar dapat memperoleh pendinginan yang maksimal untuk peningkatan kinerja perangkat komputer.

Jika kini komputer gaming menggunakan mulai dari udara hingga cairan, maka pendinginan maksimal juga diperlukan pada komputer besar seperti yang ada pada data center.  ZTE memperkenalkan solusi cold-plate liquid cooling dalam memenuhi kebutuhan teknologi pendingin dan terus menciptakan terobosan dalam industri ini.  Liquid cooling mengurangi panas yang dihasilkan oleh server hingga 70%-80%, sedangkan sisanya 20%-30% dihilangkan oleh air cooling. Ini dapat membuat ekonomi dan efisiensi lebih seimbang.

Konsumsi daya dalam sektor data center terus meningkat. Data center tradisional saat ini mengandalkan metode air cooling yang tidak sepenuhnya efektif dalam mengatasi masalah konsumsi daya. Oleh karena itu, solusi liquid cooling menjadi semakin penting untuk mengatasi tantangan ini.  Dalam acara Indonesia Cloud and Data Center Convention 2024, ZTE Corporation, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di dunia, berbagi wawasan dan praktik ZTE di era digital ini.

Sebagai salah satu pembicara utama dalam acara tersebut, Chu Yanli, Vice President, ZTE Corporation, membahas tentang Liquid Cooling Data Center di Era AI. Dalam presentasi yang disampaikan, Chu Yanli menyoroti peningkatan konsumsi daya dalam sektor data center, dimana data center tradisional bergantung pada metode air cooling yang belum sepenuhnya efektif dalam mengatasi masalah konsumsi daya, sehingga solusi liquid cooling menjadi penting dalam menghadapi tantangan ini.

Untuk menjelajahi lokasi konstruksi, mengamati dan menghindari gangguan konstruksi, serta mengurangi risiko pengerjaan ulang, penggunaan solusi cold-plate liquid cooling sangat penting.  Hal ini karena teknologi ini dirancang dengan komponen berkualitas prefabrikasi, sehingga mengurangi waktu konstruksi yang juga dilengkapi dengan teknologi BIM+XR. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *