Connect with us

News

Industri Migas Terapkan Teknologi AI

Published

on

Penerapan teknologi AI dewasa ini sudah semakin maju dan semakin banyak bidang industri yang memanfaatkannya.  Pemanfaatan teknologi AI diyakini dapat memberikan tingkat efisiensi yang tinggi serta memberikan tingkat keakuratan yang tinggi pula.  Itulah mengapa kini semakin banyak bidang industri yang menggunakannya termasuk industri yang berisiko tinggi seperti minyak dan gas bumi.

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business, bersama dengan anak perusahaannya, Lintasarta, berpartisipasi dalam Rapat Kerja Teknologi Informasi (Raker TI) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang diadakan pada tanggal 12-14 Juni 2024 di Nusa Dua, Bali.

Acara tahunan yang mengangkat tema “Penerapan Artificial Intelligence (AI) dan Keamanan Infrastruktur Informasi Vital untuk Mendukung Pencapaian Target Hulu Migas” ini dihadiri oleh seluruh Perusahaan Migas dan sekitar 70 perusahaan KKKS Hulu Migas. Indosat Business menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan sejumlah solusi dalam penerapan AI guna mendukung pencapaian target Hulu Migas di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Indosat Business mendemonstrasikan beberapa solusi teknologi berbasis AI yang dimiliki seperti High Resolution Seismic through AI Technology, untuk memfasilitasi metode eksplorasi berdasarkan pengukuran respon gelombang seismik (suara) beresolusi tinggi dengan teknologi AI. Solusi ini dapat menjawab keterbatasan data seismik yang memiliki resolusi rendah. Dengan perencanaan yang matang di setiap sumur, teknologi ini juga dapat meningkatkan produksi hingga 10%.

Indosat Business juga memperkenalkan teknologi yang mampu menghubungkan para pekerja yang dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas pekerja hingga 10%, melalui solusi Connected Workers Through AI.  Solusi ini juga diklaim mampu meningkatkan kualitas produksi, dan mengurangi kesalahan manual hingga 15% serta dapat memonitor kepatuhan keselamatan dan tingkat tanggap darurat pekerja.

Solusi lain yang diperkenalkan Indosat Business diantaranya Indosat Condition Based Monitoring and Predictive MaintenanceIndosat AI Cloud: AI-based Legal Contract AnalysisIndosat Intelligent Surveillance, serta Lintasarta Cloudeka Deka GPU Infra  yang siap untuk GPU, pusat data dengan kepadatan tinggi, Infrastruktur Cloud GPU di Indonesia, efisiensi biaya Capex dan Opex, dan model pembayaran yang fleksibel dan dapat diskalakan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *