Connect with us

News

Samsung Berencana Jual Smartphone Refurbished (?)

Published

on

Sebuah berita spekulatif tentang Samsung muncul pada Senin (22/8) pagi ini. Kabarnya, produsen smartphone ini berencana menjual produk refurbished atau rekondisi ke pasaran sebagai strategi untuk menghadapi ponsel-ponsel murah racikan vendor Tiongkok. Rencana ini dirumorkan akan mulai diterapkan pada awal tahun depan di sejumlah negara. Namun, pihak Samsung sendiri belum menngonfirmasikan kebenaran berita ini.

Samsung sendiri sebenarnya dalam keadaan sangat baik. Vendor asal Korsel ini berhasil bangkit di tahun 2016 dengan meraih pencapaian terbaiknya. Sejumlah produknya yang dirilis tahun ini mendapat respon positif, selain itu mereka juga tidak berkompetisi dengan vendor Tiongkok untuk masalah harga. Samsung justru fokus pada ponsel pintar kelas atasnya yang ternyata sangat sukses di pasaran, seperti Note 7.

Jika Samsung benar ingin menerapkan rencana ini, berarti mereka akan mengikuti langkah Apple yang juga akan menjual produk rekondisinya. Menurut informasi dari kanrtor berita Reuters, Apple telah meminta izin pemerintah India untuk dapat menjual iPhone refurbished-nya. Menurut informasi harga produk refurbished ini 69 persen lebih murah dari harga aslinya. Samsung pun disebutkan akan menggunakan strategi ini pada ponsel-ponsel kelas atas lamanya.

Produk refurbished atau rekondisi sendiri merupakan produk lama yang tidak laku dijual atau mengalami kerusakan pada saat atau setelah proses produksi. Produk-produk ini kemudian akan diperbaiki dan diperbarui oleh pihak pabrikan untuk dijual kembali ke pasar dengan harga yang miring. Kira-kira Gadgetarian setuju tidak dengan kabar Samsung ini?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *