Connect with us

App

Google Kenalkan Family Link

Published

on

Saat smartphone dan tablet semakin banyak tersedia, semua orang dari berbagai latar belakang dan usia kini bisa mendapatkan keduanya dengan mudah. Peningkatan ketersediaan ini menyebabkan lebih banyak remaja mampu menggunakan smartphone dan tablet, dan mengenalkan anak-anak pada teknologi di usia muda adalah cara terbaik mengajarkan mereka bagaimana gadget bekerja.

Namun, disisi lain, teknologi juga dapat membawa pengaruh buruk. Dengan beragam konten yang tersedia di internet, yang sangat mudah diakses dan minim pengawasan, remaja maupun anak-anak rentan mendapatkan pengaruh negatif dari teknologi. Hanya saja, tidak mudah bagi para orang tua melarang maupun mengawasi mereka setiap saat.

Pada Rabu (15/3) kemarin, Google mengumumkan sebuah layanan baru yang diharapkan dapat membuat tugas-tugas orang tua dalam mengelola penggunaan perangkat elektronik anak-anak mereka menjadi jauh lebih efisien. Google menyebut layanan barunya itu dengan nama Family Link. Saat ini, Anda membutuhkan undangan untuk dapat menggunakannya.

Dengan Family Link, para orang tua akan dapat membuat akun Google untuk anak mereka yang berusia 13 tahun atau lebih muda dan menginstal aplikasi Family Link pada perangkat yang mereka ingin kelola. Setelah itu, ibu atau ayah dapat menginstal dan masuk ke Family Link di ponsel mereka dan dapat mengendalikan atas apa yang anak-anak mereka dapat akses dan kapan mereka dapat mengaksesnya.

Para orang tua juga dapat menentukan aplikasi-aplikasi dapat diinstal dari Google Play Store, mengatur batas waktu layar menyala, dan kemampuan untuk mematikan perangkat yang dikelola dari jarak jauh. Google juga menampilkan laporan penggunaan mingguan dan bulanan sehingga Anda dapat melihat seberapa sering anak Anda berinteraksi dengan aplikasi tertentu, dan Anda bahkan dapat mengatur “bedtime” perangkat sehingga akan mati secara otomatis pada jam-jam tertentu.

Meski dia atas kertas Family Links terdengar mengagumkan, sistem invitasi bukanlah satu-satunya hal yang menyebabkan layanan ini tertahan. Family Link hanya dapat digunakan pada perangkat Android 7.0 Nougat atau di atasnya. Tentu saja pembatasan ini akan sangat membatasi berbagai manfaat yang diusung Family link.

Jika Gadgetarian memiliki keluarga dan punya ponsel atau tablet yang sudah memiliki OS ANdroid 7.0 Nougat atau yang lebih baru, Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut dan meminta undangan untuk bisa menggunakan Family Link melalui tautan di bawah ini.

Family Link

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *