Connect with us

News

Apple Umumkan iOS 12, Fokus pada Kinerja dan Fitur AR

Published

on

Tepat pada waktunya, Apple mengumumkan sistem operasi mobile terbarunya, iOS 12,  pada acara pembukaan WWDC 2018. Dari sejumlah bocoran yang ada, perangkat lunak baru Apple itu disebut-sebut memiliki semuanya. So, ada baiknya Gadgetarian langsung intip ulasannya berikut ini.

Peningkatan Kinerja

Craig Federighi, Senior VP Software Apple,  mengatakan bahwa iOS 12 fokus pada peningkatan kinerja untuk menghadirkan pengalaman yang nyaman bagi pengguna smartphone Apple. Dalam uji coba iOS 12 yang dibenamkan pada iPhone 6 Plus, perangkat tersebut dapat membuka aplikasi lebih cepat hingga 40 persen dan mengaktifkan kamera dari lockscreen dengan lebih cepat hingga 70 persen, sementara memunculkan keyboard lebih cepat hingga 50% lebih. Dan meskipun iPhone 6 Plus tersebut tengah menjalankan beberapa aplikasi namun tetap tercatat 2 kali lebih cepat saat membuka aplikasi atau berbagi file.

Augmented Reality

Realitas tertambah atau Augmented reality (AR) adalah fitur kunci lainnya yang menjadi andalan iOS 12. Memanfaatkan kekuatan AR, Apple menambahkan aplikasi baru ke iOS yang disebut Measure. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengukur dimensi objek di dunia nyata –baik yang datar maupun tiga dimensi– menggunakan kamera iPhone. Arahkan saja jendela bidik dan tarik garis di sepanjang tepi objek. Sisanya adalah keajaiban AR!

Fungsi dan kemampuan AR di iOS 12 memungkinkan banyak pengalaman lainnya, termasuk pengalaman bermain game oleh beberapa orang secara bersamaan. Bayangkan sebuah permainan di mana dua orang bertempur di arena virtual yang sama, dengan iPhone atau iPad mereka berfungsi sebagai gerbang untuk pengalaman itu. Dan kabarnya sudah ada perusahaan yang tertarik mengembangkan game AR di iOS, yaitu Lego.

Dan bukan itu saja, pengalaman AR juga dapat muncul di aplikasi seperti News dan browser Safari. Ini mungkin dilakukan berkat format file AR baru yang dikembangkan Apple, USDZ, yang mudah dibagikan, disematkan dan terbuka. Dukungan asli untuk format file akan ditambahkan ke Creative Cloud Adobe.

Peningkatan Fitur Mode DND 

Beberapa peningkatan lain di iOS 12 adalah Mode Do Not Disturb (DND), yang dapat diaktifkan untuk jangka waktu tertentu atau hingga acara di kalender berakhir. Di malam hari, DND dapat menyembunyikan pemberitahuan dari layar kunci, mencegah kita bolak-balik memeriksa ponsel. 

Menariknya, iOS 12 akan memberikan informasi tentang bagaimana kita menggunakan ponsel, memberitahu aplikasi apa saja yang paling sering kita gunakan. Kita dapat menetapkan batas penggunaan pada aplikasi yang dikehendaki, dan jika melebihi batas itu pengguna akan diperingatkan dengan pemberitahuan. Tentu saja, iOS tidak akan menghalangi kita menggunakan aplikasi, tetapi ini dapat memberitahu kita untuk melakukan sesuatu yang lain. Fitur ini dapat sangat berguna bagi orang-orang yang kerap lupa waktu saat menggunakan gawai.

Selain itu, fitur pemberitahuan di iOS 12 akan menerapkan fungsi pengelompokan. Semua pemberitahuan yang dikirim dari aplikasi yang sama akan muncul dalam satu kelompok: Mengetuknya akan memperluas daftar, dan menggeseknya ke kanan akan memunculkan untuk menghapus semua pesan.

 

Katakan “Halo!” untuk…Memoji

Apple mengenalkan Animoji pada tahun lalu, dan dengan iOS 12, ada empat karakter baru yang ditambahkan, yaitu Tiger, Koala, T-Rex, dan Ghost. Selain itu, fitur ini juga sudah dapat mengenali lidah, jadi pengguna kini dapat membuat Animoji dengan lidah terjulur.

Memoji,seperti namanya, mirip Animoji, tetapi dibuat agar terlihat seperti diri kita. Apple menyertakan banyak pilihan penyesuaian, termasuk warna kulit, gaya rambut, aksesori, dan lainnya untuk dimainkan di fitur ini. Tidak seperti Samsung AR Emoji, Memoji dapat diterapkan langsung pada gambar yang ditangkap kamera iPhone.

Siri: Kini dengan Pintasan dan Lebih Banyak Saran

Siri di iOS 12 kini mendukung fungsi shortcut untuk menjalankan aplikasi dan fitur ponsel. Dengan fitur pintasan ini, pengguna dapat mengatur Siri untuk membuka aplikasi sesuai pertanyaan yang kita ajukan. Contohnya, jika kita bilang, “Saya ingin bersantai”, Siri bisa mulai memutar musik dan meredupkan lampu ponsel.

Pengguna juga dapat memberitahu Siri jika ingin memesan bahan makanan, dan Siri akan membuka aplikasi pengiriman bahan makanan. Siri akan belajar, jadi jika tahu pengguna selalu minum kopi di pagi hari, Siri dapat menyarankan kepada pengguna untuk memesan secara teratur melalui aplikasi kopi. Keren ya.

FaceTime Bisa Video Call Hingga 32 orang

FaceTime di iOS 12 mampu melakuakn video call dengan 32 orang sekaligus dalam waktu bersamaan. Jika dari 32 orang itu ada yang berbicara, fotonya akan tampil lebih besar dari peserta video call lainnya. Kita juga bisa mengetuk dua kali pada foto pengguna yang ingin kita jadikan sebagai lawan bicara penting.

Selain itu, FaceTime kini juga sudah terintegrasi dengan layanan pesan singkat Messages. Orang-orang yang tergabung dalam sebuah grup Messages bisa bergabung atau meninggalkan video call FaceTime kapan pun ketika sedang aktif sehingga video call bisa lebih intim dalam grup pertemanan yang sudah lebih dulu rutin berkomunikasi via pesan singkat.

Waktu Rilis iOS 12 dan Perangkat yang Didukung

iOS 12 akan tersedia sekitar bulan September tahu ini untuk iPhone dan iPad yang saat ini mendukung iOS 11. Beberapa iPhone yang akan mendapatkan iOS 12 adalah iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5s, iPhone SE, dan iPad Air.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *