Connect with us

News

XL Axiata Komersialkan Jaringan NB-IoT

Published

on

Layanan internet yang menyasar korporasi atau enterprise dan UKM akan semakin berkembang dan tumbuh pesat. Karena itu XL Axiata melihat layanan IoT akan menjadi solusi bisnis pilihan di masa mendatang untuk korporasi dan UKM serta sekaligus menjadi sumber pertumbuhan XL Axiata di era Industri 4.0. Untuk itu XL akan terus memperkuat ekosistemnya, salah satunya dengan meluncurkan secara komersial penyediaan kartu perdana khusus NB-IoT.   Dengan jaringan di 31 kota dan solusi NB-IoT secara end to end dan customize, maka layanan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh ekosistem yang membutuhkan.

Secara teknis, jaringan NB-IoT prinsip kerjanya sama dengan teknologi selular secara umum. Hal yang membedakan adalah modul komunikasi yang ada pada perangkat IoT yang hanya dapat bekerja pada jaringan NB-IoT pada frekuensi 900 MHz (band 8). Dengan menggunakan frekuensi yang rendah, jaringan NB-IoT dengan LPWA (Low Power Wide Area), artinya daya yang digunakan perangkat untuk berkomunikasi dengan jaringan sangat kecil namun cakupan jangkauannya sangat luas karena menjangkau hingga 10 kilometer, sehingga jaringan tersebut lebih efektif dan efisien, dibandingkan dengan jaringan seluler lainnya untuk use case IoT yang tidak membutuhkan bandwidth besar.

Jaringan NB-IoT milik XL Axiata didukung oleh penyedia perangkat telekomunikasi seperti, Ericsson, Huawei, Cisco, dan beberapa perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi lainnya. Adapun XL Axiata memberikan promo paket layanan NB-IoT sampai dengan 31 Desember 2019 seharga Rp 15.000,- (sebelum pajak) untuk satu tahun dengan quota 20MB untuk pelanggan korporat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *