Connect with us

Coffee Break

Sekilas Mengenal Investasi Aset Kripto

Published

on

Dalam melakukan investasi, Gadgetarian ditawarkan banyak pilihan mulai dari valuta asing, tanah maupun emas.  Namun ada pula investasi yang berbentuk virtual seperti saham dan yang terakhir sedang ramai dibicarakan adalah aset kripto.  Mungkin Gadgetarian sering mendengar kata Bitcoin.  Bitcoin adalah salah satu produk aset kripto yang kini sedang naik daun karena harganya yang terus menanjak.  Bahkan setelah mencapai nilai tertinggi (all-time-high/ATH) baru sepanjang masa di bulan Desember tahun lalu, tren bullish Bitcoin terus berlanjut di tahun 2021 dengan kembali mencapai ATH baru di angka US$57 ribu pada 20 Februari 2021.

Seperti valuta asing yang kenaikan dan penurunannya dipengaruhi oleh isu global. Kenaikan drastis Bitcoin ini menyusul serangkaian berita atau sentimen positif, diantaranya Tesla yang mengakui telah membeli aset BTC senilai Rp 21 triliun (US$1,5 miliar), rencana MicroStrategy membeli Bitcoin senilai US$900 juta, Twitter yang mempertimbangkan Bitcoin untuk pembayaran gaji karyawan, Uber yang melirik aset kripto sebagai pilihan metode pembayaran, hingga manajemen aset raksasa BlackRock yang meniru aksi Tesla untuk memaksimalkan nilai investasinya.

Di Indonesia, selain Bitcoin terdapat banyak aset kripto yang diperdagangkan. Sejak Desember tahun lalu, pemerintah melalui BAPPEBTI sudah menetapkan untuk ‘hanya’ mengizinkan perdagangan 229 aset kripto, padahal di seluruh dunia terdapat lebih dari 6.000 aset kripto yang terdaftar secara global dengan nilai totalnya mencapai US$ 897.3 miliar.  

Bitcoin dan aset kripto lainnya sudah diakui sebagai komoditas yang bisa diperdagangkan di 13 pedagang aset kripto (crypto exchange) yang resmi terdaftar di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Mekanisme perdagangan aset kripo ini telah diatur dalam peraturan Bappebti Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaran Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka.

Salah satu pedagang aset kripto terpercaya di Indonesia adalah Tokocrypto yang merupakan pedagang aset kripto pertama yang terdaftar di BAPPEBTI. Dilahirkan oleh sekelompok penggemar kripto yang memiliki keyakinan penuh akan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi blockchain, Tokocrypto memiliki goal besar untuk membantu rakyat Indonesia memahami industri ini dan untuk mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam masyarakat serta ekonomi global.

“Tokocrypto telah bekerjasama dengan Binance, pedagang aset kripto terbesar di dunia untuk memperbaharui platform kami menjadi Tokocrypto v2.0 dengan keamanan dan teknologi terbaru. Hal ini memungkinkan pengguna mengakses finansial mereka dengan cara yang efisien, transparan dan terukur, tentunya dengan jaminan keamanan dan likuiditas tingkat industri,” kata Pang Xue Kai.

Bagi Gadgetarian yang tertarik untuk melakukan investasi di aset kripto, dapat mempelajarinya terlebih dahulu terkait cara jual belinya dan resiko yang mungkin timbul.  Silakan menghubungi pedagang aset kripto yang sudah terdaftar di BAPPEBTI.  Banyak yang bilang melakukan investasi dengan aset kripto sangat mengasyikkan terlebih kini sedang naik.  Namun jangan sampai kecanduan ya yang nantinya akan dapat merugikan Gadgetarian sendiri.  Selamat berinvestasi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *