XL Axiata dan Makin Ketatnya Persaingan Antar Operator Seluler

Iklim usaha bidang telekomunikasi seluler di indonesia bakal akan terus membaik seiring makin tingginya minat masyarakat dalam menggunakan layanan internet di Indonesia.  Hal ini mengingat bakal masih tingginya penggunaan internet di rumah karena kegiatan bekerja dan belajar dari rumah masih akan terus terjadi di Q2 2021 mendatang.  Dengan demikian persaingan antar operator seluler makin sengit namun semoga masih tetap sehat.

Ditambah lagi bakal adanya konsolidasi operator seluler seperti antara Indosat Ooredoo dengan Tri yang ditunggu keputusannya dalam beberapa hari kedepan.  Konsolidasi operator menurut XL Axiata akan membawa dampak yang menyehatkan Industri Telekomunikasi secara umum.  Karenanya konsolidasi operator seluler diharapkan dapat menyehatkan industri telekomunikasi Nasional.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarni mengatakan, “Kami bersyukur XL Axiata tetap mampu tumbuh positif meskipun kompetisi industri telekomunikasi terus berlangsung ketat serta daya beli masyarakat yang belum pulih akibat pandemi Covid-19.

Kedepan kehidupan sehari-hari akan menciptakan permintaan data dalam jangka panjang.  Hal ini sekaligus menghadirkan peluang lainnya berupa peningkatan permintaan layanan fixed broadband (FTTH), di mana XL Axiata telah memiliki layanan XL Home.  Area layanan yang terus meningkat, serta sambungan yang terus bertambah bakal menjadi nilai tambah yang baik pagi XL Axiata dalam persaingannya.   XL Axiata akan melakukan efisiensi capex dan opex guna menyediakan layanan 5G.

Lebih khusus XL Axiata menyoroti ketatnya persaingan antar operator seluler di tahun ini sebagai sebuah tantangan yang cukup berat bagi XL Axiata.   Aroma kompetisi yang ketat ini sudah terjadi sejak akhir tahun 2020 lalu terasa berdampak pada pertumbuhan industri. Selain itu, pandemi Covid-19 sepertinya masih akan terus membayangi selama Semester 1 2021 ini. XL Axiata melihat bahwa kondisi ekonomi mungkin baru akan mulai membaik sejak Semester 2 mendatang.

Terkait penanganan Covid-19, XL Axiata terus melaksanakan berbagai inisiatif baik berupa program perlindungan bagi karyawan, maupun dukungan kepada pelanggan dan masyarakat. Beberapa program terbaru adalah menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI Depok, bagi warga lansia KTP Nasional, meningkatkan kapasitas jaringan di sekitar rumah sakit rujukan Covid-19, menyelenggarakan program dukungan permodalan untuk UMKM, bantuan donasi smartphone untuk belajar daring bagi para pelajar tidak mampu, serta mendukung program pemerintah untuk kelancaran pembelajaran jarak jauh bagi pelajar sekolah dan mahasiswa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search