Connect with us

News

Plasmacluster Efektif Lawan Virus Corona Baru

Published

on

Teknologi Plasmacluster dari Sharp ternyata memberikan dampak perlawanan yang lebih besar terhadap virus Corona baru.  Setelah sebelumnya Plasmacluster dapat membunuh virus Corona di udara, kini Plasmacluster ternyata juga mampu melumpuhkan infeksi Virus Corona baru (SARS-CoV-2) termasuk strain varian yang terkandung dalam air liur manusia.

Tak tanggung-tanggung efektifitas Plasmacluster dapat melumpuhakan virus tersebut lebih dari 99,4% dengan cara memaparkan / menyemburkan Ion Plasmacluster selama dua jam pada tingkat kelembaban di kisaran 60% (Relative Humidity)*4, dimana angka ini merupakan kondisi yang direkomendasikan untuk melawan infeksi virus.

Penelitian ini dilakukan di bawah pengawasan Profesor Hironori Yoshiyama dari Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Shimane (anggota Dewan Masyarakat Virologi Jepang), Profesor Shigeru Watanabe, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Meikai, dan Profesor Masashi Yamakawa, Departemen Teknik Mesin dan Sistem, Institut Teknologi Kyoto.

Baca juga: Plasmacluster Mampu Menonaktifkan Virus Covid-19

Secara umum, cara penularan virus corona baru dibagi menjadi dua, yaitu penularan melalui droplet yang kemudian menyebarkan virus di udara dan penularan kontak secara langsung oleh virus yang melekat pada permukaan sebuah benda. Berdasarkan hal tersebut pada September 2020 lalu, Sharp melakukan penelitian untuk menguji keefektifan teknologi Plasmacluster dalam mengurangi SARS-CoV-2 di udara, dan kali ini, Sharp baru saja berhasil membuktikan keefektifan Ion Plasmacluster dalam mengurangi SARS-CoV-2 yang menempel pada  permukaan benda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *