Connect with us

News

XL Axiata Sukses Layani Lonjakan Kebutuhan Data Selama Naru

Published

on

Sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2022 (Naru), pelanggan XL Axiata mengakses internet lebih banyak dari biasanya.  Hal ini membuat layanan data XL Axiata selama Naru melonjak hingga 22% dibanding hari biasanya.  Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7% dan trafik Tahun Baru 15% dibandingkan hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3% dibandingkan hari biasa.

Jika dibanding tahun sebelumnya, lonjakan layanan data XL Axiata selama Naru ini sebesar 38% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.   Hal ini salah satunya karena pada tahun ini pemerintah memberi kesempatan warganya untuk melakukan perjalanan liburan meskipun dengan beberapa syarat perjalanan yang ditentukan Pemerintah.

Meski demikian trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2% dibandingkan hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, ”Berdasarkan dinamika di masyarakat, terutama adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata, sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi. Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, antara lain kami melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4% dan lain-lain 4%. Dari sisi kenaikan trafik, aktiftas games meningkat trafiknya hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *