Connect with us

News

DANA Berperan Aktif Dukung Penyandang Disabilitas

Published

on

Pengembangan UMKM di Indonesia kini semakin banyak dilakukan tak hanya oleh pemerintah namun juga swasta.  Upaya ini tak lain untuk meningkatkan perekonomian Nasional yang lebih dari 50%nya ditopang oleh UMKM.  Salah satu perusahaan swasta yang juga mengembangkan UMKM di Indonesia adalah adalah perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital yang menyediakan platform pembayaran dan layanan keuangan di Indonesia, DANA.

Namun seiring berjalannya waktu ternyata cukup banyak juga pelaku UMKM yang merupakan penyandang disabilitas.  Secara umum, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,97 juta jiwa atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia. Mayoritas dari penyandang disabilitas tersebut berwirausaha atau menjalankan usaha sendiri. Hal tersebut menunjukkan bahwa diperlukannya intervensi dari berbagai pihak untuk bisa menyediakan fasilitas, dan kesempatan setara bagi teman-teman disabilitas untuk tetap dapat berdaya sebagai masyarakat yang produktif.

Berangkat dari komitmen untuk mendukung perkembangan UMKM dengan asas inklusivitas dan inovatif bagi seluruh masyarakat tak terkecuali penyandang disabilitas, DANA menjalin kerja sama dengan Yayasan Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia (PTI), untuk menghadirkan inisiatif sosial bertajuk Berdaya Disabilitas. Inisiatif sosial ini difokuskan untuk memberikan akses dan memperbesar kesempatan bagi penyandang disabilitas, guna mengoptimalkan potensi dirinya hingga mewujudkan kemandirian ekonomi.

Dina Artarini, Chief Legal & Compliance Officer DANA Indonesia mengatakan, “DANA melihat potensi UMKM secara menyeluruh dan inklusif termasuk dalam perkembangan UMKM yang dikelola oleh teman-teman disabilitas. Saat ini, terdapat 720.000 lebih pekerja disabilitas di Indonesia di tahun 2022, jumlah ini meningkat lebih dari 160% dibandingkan tahun sebelumnya. Perkembangan ini tentu luar biasa, dan harus terus didukung, sebagaimana juga pemerintah telah menempatkan fokusnya terhadap peningkatan kesejahteraan dan aksesibilitas yang inklusif bagi teman-teman disabilitas.”

Lebih lanjut Dina menuturkan bahwa melalui kerja sama ini, DANA ingin mendorong teman-teman disabilitas untuk mendapatkan kesempatan yang setara dan layak guna mencapai kebebasan finansial yang independen di masa depan.  Untuk itu DANA secara resmi melaksanakan program tersebut dengan menandatangani kerja sama program Disabilitas Berdaya oleh DANA dan Yayasan Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia (PTI) yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 3 Desember.

Beberapa produk UMKM binaan DANA.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *