Connect with us

News

Apple Luncurkan iPad Pro 10,5 Inci dan 12,9 Inci

Published

on

Seperti yang sudah diduga banyak orang, Apple baru saja merilis seri iPad Pro terbarunya pada ajang Worldwide Developers Conference 2017. Ada dua produk yang dikenal Apple, pertama adalah iPad Pro 12,9 inci yang merupakan upgrade dari iPad Pro tahun 2015 lalu. Sementara yang kedua, iPad Pro 10,5 inci merupakan penerus dari model 9,7 inci yang meluncur tahun lalu.

Tidak seperti yang disebut oleh beberapa bocoran yang beredar di dunia maya, fitur Touch ID masih ada di kedua iPad Pro dan tampilan desainya juga masih mirip dengan generasi terdahulu. Namun, terdapat sejumlah perubahan besar di “jeroan” keduanya, baik dalam hal hardware maupun software.

Layar
Yang paling pertama adalah layar. Apple mengklaim layar kedua iPad Pro terbarunya sebagai “layar paling canggih di muka bumi.” Bukan tanpa alasan, karena layar iPad Pro kini memiliki gambut warna yang lebih luas dan tingkat kecerahan (brightness) yang lebih tinggi mencapai 600 nits. Layar ini juga memiliki tingkat reflektivitas yang rendah, sehingga dapat digunakan di luar ruangan tanpa khawatir terpapar sinar matahari.

Fitur baru lainnya di layar iPad Pro adalah ProMotion yang mendukung refresh rate hingga 120 Hz tapi dapat secara otomatis beralih ke tingkat yang lebih rendah untuk menghemat daya baterai. Selain itu, layar ini juga bekerja lebih baik dengan Apple Pencil, yang kini mendukung tingkat latency tertinggi di kelasnya dengan kisaran 20 ms.

Hardware
Kedua iPad baru tersebut kini didukung oleh chipset A10X Fusion, yang menawarkan performa CPU 30 persen lebih baik ketimbang generasi terdahulu. Kinerja grafis juga meningkat 40 persen dari pendahulunya. Prosesor ini memiliki konfigurasi enam inti, dengan tiga inti bertenaga rendah dan tiga inti bertenaga tinggi bergantian aktif menyesuaikan kebutuhan pemrosesan.Fitur kamera juga ditingkatkan dengan fitur yang hampir serupa dengan kamera milik iPhone 7. Ini artinya, semua fitur yang ada di smartphone flagship Apple tersebut kini juga ada di iPad.

Apple juga menjanjikan daya tahan baterai yang sama dengan produk iPad Pro sebelumnya, yaitu 10 jam. Perubahan penting lainnya adalah memori, kini kapasitas memori paling kecil adalah 64 GB, sementara juga tersedia pilihan dengan kapasitas 256 GB dan 512 GB.

Software
Kedua iPad Pro tersebut saat ini diluncurkan dengan iOS 10, tapi akan ada update ke iOS 11 segera setelah diluncurkan. Ini kabar yang sangat baik, karena iOS terbaru itu akan menghadirkan sejumlah fitur baru di keluarga iPad, termasuk split-screen multitasking. App switcher-nya kini juga memiliki kemampuan untuk mengingat aplikasi-aplikasi yang telah dibuka.

Di iOS terbaru ini juga terdapat dock yang dapat dikustomisasi dan menawarkan akses cepat ke aplikasi dan file yang sering kita akses. Nantinya semua fitur iOS 11, seperti Siri, ARKit, App Store terbaru, Apple Pay dan Apple Camera, akan hadir di iPad Pro.

Harga & Ketersediaan
Saat ini Apple sudah membuka pre-order kedua iPad Pro baru tersebut dan akan mulai dikirim pada pekan depan. Untuk yang layar 10,5 inci akan dijual dengan harga mulai 649 dolar AS, sementara iPad Pro 12,9 inci mulai 799 dolar AS.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *