Connect with us

News

Teknologi Ramah Lingkungan Makin Berkembang

Published

on

Selain memamerkan beragam inovasi teknologi yang menarik, seperti mobil pintar berbasis AI, tablet PC dual OS, s erta televisi berlayar transparan, Consumer Electronics Show (CES) 2024 juga menjadi panggung bagi tren produk ramah lingkungan.  Sesungguhnya teknologi ramah lingkungan bukanlah hal yang baru termasuk yang ditampilkan pada CES 2024 karena sudah ada sejak beberapa tahun lalu.

Namun demikian kini konsumen menjadi lebih tertarik kepada masalah lingkungan termasuk produk elektronik sehingga masalah bahan baku yang ramah lingkungan menjadi salah satu hal yang menarik minat konsumen.  Karenanya kini banyak produsen barang-barang elektronik yang juga mulai menaruh perhatian terhadapa masalah lingkungan dengan membuat produk yang makin ramah lingkungan.

Dalam CES 2024 lalu ada cukup banyak produk yang menerapkan teknologi ramah lingkungan di semua varian produk mulai dari packaging hingga komponennya.  Berikut adalah beberapa tren produk ramah lingkungan yang muncul di CES 2024:

•Kemasan yang dapat didaur ulang dan terbuat dari bahan daur ulang. Kemasan menjadi salah satu komponen produk yang memiliki dampak besar pada lingkungan. Di CES 2024, berbagai perusahaan memamerkan produk-produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang dan terbuat dari bahan daur ulang, seperti plastik, kertas, dan aluminium. Misalnya, perusahaan asal Korea Selatan, LG, menampilkan televisi OLED yang dikemas dengan karton daur ulang.

•Perangkat elektronik yang terbuat dari material daur ulang. Beberapa perusahaan juga mulai menggunakan material daur ulang dalam produk elektronik mereka. Misalnya, perusahaan asal Amerika Serikat, Dell, yang meluncurkan laptop Latitude 9430 terbarunya yang 75 persen komponennya terbuat dari material daur ulang.

•Produk yang hemat energi. Isu perubahan iklim saat ini menjadi perhatian utama masyarakat global dan mendorong teknologi yang dapat menghemat energi menjadi solusinya. Di CES 2024, berbagai perusahaan memamerkan produk-produk hemat energi, seperti peralatan rumah tangga dan perangkat elektronik. Misalnya, perusahaan asal Negeri Ginseng, Samsung, menampilkan kulkas yang menggunakan teknologi inverter untuk menghemat energi.

•Produk yang menggunakan bahan baku yang berkelanjutan. Bahan baku yang berkelanjutan, seperti kayu, bambu, dan tanaman lainnya, menjadi semakin populer di kalangan produsen elektronik. Di CES 2024, sejumlah perusahaan memamerkan produk-produk yang menggunakan bahan baku berkelanjutan. Contohnya, perusahaan asal Jepang, Sony, menampilkan speaker yang terbuat dari kayu jati.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *