Unduhan Aplikasi Smartphone Tembus 113 Miliar di 2018

Menurut daya awal dari perusahaan analisis aplikasi, App Annie, jumlah unduhan aplikasi pada tahun ini menembus angka 113 miliar unduhan. Jumlah ini naik 10 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pembelian aplikasi berbayar juga meningkat dengan jumlah pembayaran mencapai 76 miliar dolar AS (setara Rp 1,10 kuadriliun) atau naik 20 persen dari tahun 2017. Angka tersebut merupakan gabungan dari toko aplikasi App Store milik Apple dan Play Store milik Google hingga 15 Desember lalu. Game mobile menjadi aplikasi yang banyak dibeli konsumen. Untuk tahun depan, App Annie memprediksi belanja aplikasi, termasuk di toko aplikasi pihak ketiga di Tiongkok, akan mencapai 122 miliar dolar AS atau senilai Rp 1,77 kuadriliun.

Untuk tahun ini, pengguna smartphone rata-rata menghabiskan waktu 3 jam sehari dalam menggunakan aplikasi, naik 10 persen dari tahun lalu dan 20 persen dari tahun 2016. Aplikasi non-game yang paling banyak diunduh pengguna di iOS dan Android adalah Facebook Messenger, kemudian diikuti Facebook, WhatsApp dan TikTok. Lima game yang paling banyak diunduh pengguna adalah Helix Jump, Subway Surfers, PUBG Mobile, Free Fire dan Love Balls.

Sedangkan aplikasi yang paling banyak menuai pemasukan dari App Store dan Play Store adalah Netflix, diikuti Tinder, Tencent Video, IQIYI dan Pandora Music. Lima game mobile yang paling banyak pendapatannya di tahun ini adalah Fate/Grand Order, Honour of Kings, Monster Strike, Candy Crush Saga and Lineage M dan Pokemon GO.

Start typing and press Enter to search