Tri Perkuat Jaringan Seluler di Gedung Tinggi dengan NBA

Masih berjalannya kegiatan di perkantoran membuat kebutuhan sambungan seluler di gedung-gedung perkantoran masih cukup tinggi.  Walaupun terdapat penurunan namun masih banyak pegawai yang bekerja di gedung kantor harus berkoordinasi dengan koleganya yang bekerja di rumah secara online yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan internet. Namun, konektivitas di gedung-gedung tinggi seringkali tidak stabil karena lebih rentan terhadap gangguan sinyal.

Untuk menjawab kebutuhan ini, 3 Indonesia, berkolaborasi dengan NTT DOCOMO, INC., mengimplementasikan teknologi Narrow Beam Antenna yang mampu mengatasi ketidakstabilan jaringan di gedung-gedung tinggi. Teknologi ini dipasang di atas menara seluler untuk meningkatkan kekuatan dan penetrasi sinyal ke dalam ruangan (indoor) di dalam gedung. Hasilnya, lantai-lantai tinggi di dalam gedung mendapatkan penguatan sinyal dan pelanggan dapat menikmati jaringan yang lebih kuat dan stabil. Solusi Narrow Beam Antenna (NBA) kini telah diimplementasikan di enam area Jabodetabek yaitu Kuningan, Casablanca, Pancoran, Jatinegara, Meruya, dan Bintaro.

“Sebagian besar dari lalu lintas data di area metropolitan berasal dari dalam ruangan (indoor). Teknologi Narrow Beam Antenna memungkinkan kami untuk meningkatkan cakupan jaringan dalam ruangan di beberapa gedung secara efektif di saat yang bersamaan, tanpa harus memasang perangkat small cells di masing-masing gedung. Hasilnya, lebih banyak pengguna yang bekerja dan tinggal di gedung-gedung tinggi dapat menikmati koneksi internet yang lebih baik. Kami bangga dapat membawa teknologi mutakhir ini lewat kolaborasi dengan NTT DOCOMO yang merupakan world leader dalam meningkatkan pengalaman pengguna, terutama dalam ruangan.” ujar Chief Technical Officer of Hutchison 3 Indonesia, Desmond Cheung.

Dengan ini diharapkan keterbatasan koneksi seluler di gedung-gedung tinggi dapat diatasi dan aktifitas dapat tetap berjalan.