Rekomendasi DashCam, “Mata” Kedua Kala Berkendara

Kamera dasbor atau dashboard camera (dashcam) kini menjadi begitu penting untuk kita saat berkendara. Dari fungsinya, dashcam bertujuan untuk merekam aktivitas selama berkendara, khususnya memantau kondisi di bagian depan. Seperti diketahui, banyak peristiwa tak terduga di jalan raya, keberadaan dashcam bisa membantu bila terjadi perselisihan, apalagi jika harus lanjut ke ranah hukum. Hasil rekaman dashcam bisa digunakan sebagai barang bukti apabila terjadi kecelakaan.

Manfaat dashcam

Video yang direkam akan menjadi hal penting jika kita mengalami insiden di jalan. Misal, saat terjadi kecelakaan atau masalah antar pengendara, biasanya bakal terjadi perselisihan karena tak ada yang mau disalahkan. Dengan adanya bukti rekaman dari dashcam, perselisihan antar pengguna jalan lain dapat ditekan. Tindak penipuan atau kriminalitas lainnya di jalan pun bisa diantisipasi oleh dashcam, membuat berkendara lebih aman.

Pada awalnya, dashcam banyak digunakan oleh aparat penegak hukum, namun seiring perjalanan waktu dashcam juga merambah masyarakat umum. Selain dipasang di kendaraan pribadi, kendaraan transportasi umum juga sudah mulai menerapkan kamera dasbor demi alasan keamanan penumpang dan pengemudi.

Keberadaan dashcam juga penting bagi kendaraan yang dilindungi asuransi. Karena video rekaman sangat membantu dalam menyelidiki insiden dan memperkuat temuan pihak asuransi, terkait klaim apakah pemilik mobil berhak mendapatkan pertanggungan atau tidak.  Dashcam akan memperykuat alibi kita jika saja pihak asuransi banyak alasan untuk menanggung kerugian kita.

Selain berbagai manfaat di atas, dashcam juga bisa kita gunakan untuk hal yang lebih menyenangkan, seperti merekam momen di perjalanan. Tentu sangat menarik melihat rekaman perjalanan saat kita melintas di tempat dengan pemandangan yang indah.  Secara umum fungsai dashcam adalah untuk merekam situasi selama perjalanan dan akan merekam banyak hal yang tidak diduga.

Dashcam ideal

Tentu dashcam ada banyak ragamnya, dan Gadgetarian harus cermat dalam memilih. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat akan membeli dashcam, selain dompet tentunya. Yang pertama adalah resolusi kamera dan kualitas citra video yang didukung oleh dashcam. Semakin tinggi nilai keduanya, kian bagus pula bagi pengguna.

Dengan gambar yang tajam, video hasil rekaman juga akan lebih akurat saat diperlukan. Selain, masalah resolusi dan kualitas gambar, Gadgetarian juga mesti mencermati sudut pandang (angle view) kamera pada dashcam. Dengan angle view yang lebar, dashcam dapat mencakup lebih banyak area untuk direkam.

Jika dana memadai, Gadgetarian bisa mempertimbangkan dashcam dengan lensa 360 derajat yang mampu mencakup seluruh bagian kendaraan, mulai dari depan, samping, hingga belakang. Ada pula deshcam yang dilengkapi dengan GPS, voice recording, maupun kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Mengubah ponsel Android lawas jadi dashcam

Ibarat pepatah tak ada rotan amar-un jadi, tak ada dascam ponsel lawas pun jadi.  Buat Gadgetarian yang kreativ atau punya ponsel android lawas di rumah, dengan sedikit modal dan usaha kita bisa mengubahnya menjadi dashcam di mobil. Nggak susah kok, cuma butuh kemauan dan kreatifitas saja. Berikut langkah-langkah membuatnya:

• Siapkan ponsel Android lawas Gadgetarian, sebaiknya yang sudah menggunakan OS 5.0 Lollipop ke atas dan kamera belakangnya masih berfungsi.

• Siapkan phone holder di mobil, sebaiknya yang bisa dipasang di dasbor, kaca, atau spion belakang.

• Pasang phone holder dan ponsel di lokasi yang Gadgetrian anggap kamera ponsel dapat menangkap area yang luas.

• Unduh dan instal aplikasi dashcam untuk ponsel. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store, seperti  AutoBoy Dash Cam App, DailyRoads Voyager App,  Dashcam 9 App,  Drive Recorder Dash Cam App, dan  KM Car Camcorder.

• Siapkan kartu memori untuk penyimpanan yang lebih lega dan kabel daya untuk menghindari habis baterai saat penggunaan.

Selamat mencoba!

Pilah-Pilih Dashcam

Blackvue DR490-2CH

Dashcam ini dibekali sensor kamera Sony STARVIS yang membuatnya mampu  merekam dengan gambar yang jelas dan menakjubkan di berbagai kondisi, baik itu siang atau malam. Menariknya lagi, Blackvue DR490-2CH mampu merekam suara percakapan serta suara benturan yang terjadi di luar jangkauan kamera.

Keunggulan utama Blackvue DR490-2CH adalah kapasitas baterainya yang besar dan tahan lama karena sudah dibekali dengan fitur Power Magic Ultra Battery, mampu membuat baterai terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 40 menit.

Spesifikasi :

• Indikator LED depan & belakang

• Sensor Akselerasi 3 Axis

• Slot Kartu microSD (16 GB / 32 GB / 64 GB / 128 GB)

• Daya input : DC 12V 24V

• Kamera depan Sensor CMOS (Sekitar 2 M Pixel)

• Kamera belakang Sensor CMOS (Sekitar 2 M Pixel)

• Resolusi kamera belakang Full HD @ 30 fps

• GPS Eksternal (Opsional)

Harga: Rp 2.880.000

WWW.TOKOPEDIA.COM

Philips CVR108

Dashcam besutan Philips ini memiliki lensa dengan sudut sekitar 130 derajat. Dengan lensa ini, area yang dapat dicakup untuk direkam pun lebih luas. Selain itu, dashcam ini mampu merekam dengan kualitas gambar HD 1080p. Dijamin hasil rekaman menampilkan gambar yang akurat dan jernih.

Selain itu, fitur unggulan dari Philips CVR108 adalah fitur yang memungkinkan dashcam ini melindungi secara otomatis data yang tersimpan pada memori saat terjadi tabrakan. Dengan bentuknya yang bulat, dashcam ini tidak memakan banyak tempat saat dipasang di dalam mobil.

•layar: 1.0 inch

•Lensa 130 derajat wide angle

•resolusi Video: 1080 P HD, 720 P HD

•Format: AVI & JPEG

•kartu memori: mendukung hingga 32 GB kelas 6

•Power-off fungsi recovery file: dukungan

•Record waktu: off, 3 menit, 5 menit, 10 menit

•Audio recording: dukungan

•Tegangan Input: DC 12-24 V

•Output tegangan: DC 5.0 V

Harga: Rp 1.950.000

WWW.BUKALAPAK.COM

DOD LS430W Car DVR

Kamera dasbor mobil bauten Taiwan ini memiliki dimensi yang terbilang mungil dengan ukuran layar 2,7 inci, yang membuatnya mudah dipasang di kendaraan. Untuk baterai, dashcam ini memiliki baterai lithium-ion berkapasitas 500 mAh.

Sementara untuk kameranya, sudah dibekali dengan lensa dengan lebar sudut 140 derajat dan sensor CMOS beresolusi 3 megapiksel yang diklaim andal dalam merekam gambar di berbagai kondisi cahaya. Dashcam ini memiliki fitur yang merekam kecepatan dan lokasi kendaraan dengan dukungan GPS.

– 1/3″ CMOS 3 MP sensor, F1.6 Aperture, 140 degree angle of view

– built-in GPS for location and speed recording

– WDR technology for superior video at night

– support MicroSD upto 32GB

– FULL HD recording 1080P @30fps

– 3.7V 500mah built-in battery

– Interfaces: HDMI, USB, AV

– 2.7″ 16:9 Widescreen Display

– G-sensor automatic trigger for file protection

– SOS files locking function

– GPS logger, automatic time calibration

– Start and record automatically function

– Motion Detection video recording functions

– Loop recording, Time and date Stamp

Harga: Rp 2.500.000

WWW.TOKOPEDIA.COM

Xiaomi DDPAI Mini Dash Camera 1080p

Meski harganya terbilang murah, dashcam besutan Xiaomi ini memiliki beragam fitur menarik, salah satu fiturnya adalah Smart Voice Control. Dengan fitur ini, Gadgetarian bisa memberikan berbagai perintah lewat suara seperti mengambil video, foto, atau menyalakan dan mematikan voice recorder dan WiFi.  Dengan WiFi Gadgetarian bisa memindahkan file rekaman gambar ke smartphone dengan mudah juga untuk terhubung dengan internet.

Kamera dasbor ini juga dilengkapi dengan G-Sensor yang dapat melindungi data jika terjadi tabrakan. Untuk kameranya, rekaman dengan kualitas full HD 1080p mampu menampilkan gambar yang jelas. Sebagai dashcam dengan harga terjangkau, Xiaomi DDPAI Mini Dash Camera memberikan value for money yang tinggi karena banyak teknologi dan fitur yang dibenamkan di dashcam ini.

Detail

– Mobile Screen: Mobile APP smart connection/mobile screen, display/use of car-DVR

– Recording Mode: Loop recording and automatic overlay

– Pixel: 12 million pixel

– Front camera angle: 140°wide angle

– Resolution: 1280*1080P@30FPS (H.265/ H.264)

– Video format: AVI format

– Memory: Built-in eMMC

– Memory Card: Support TF Card(maximum 128GB)(Card not included).

– Voltage: DC12V

– G-sensor: Support

– Motion detection: Support

– WiFi : 2.4Ghz

– System: Suppot Android & IOS

Harga: Rp 529.000

WWW.SHOPEE.CO.ID

Blackbox G1W

Jika Gadgetarian mencari dashcam dengan harga terjangkau dengan fitur yang cukup lengkap bisa mencoba yang satu ini.  Blackbox G1W dilengkapi dengan sensor CMOS beresolusi 3 megapilsel dan layar LCD TFT berukuran 2,7 inci. Walau tak memiliki ruang penyimpanan internal, slot kartu Micro SD sudah tersedia.  Dan Gadgetarian yang meninggalkan mobilnya di terik matahari tak usch kawatir karena Blackbox G1W tahan panas sehingga suhu tinggi di dalam mobil saat di parkur tak akan merusak dashcam.

Sementara untuk kameranya, Blackbox G1W sudah mendukung rekaman video berkualitas full HD 1080p dengan sudut lensa yang luas, yakni 270 derajat. Lensa dengan sudut pandang seperti ini bisa digunakan sebagai documentais perjalanan Gadgetarian denga kualitas gambar yang baik.  Menariknya lagi, kamera dasbor ini juga memiliki fitur motion detection yang dapat mendeteksi gerakan atau aktivitas mencurigakan di luar kendaraan dan secara otomatis merekamnya.

Chipset: Novatek 96650

Sensor: Sony IMX323

Lensa: Lensa 6G F1.6, FOV 145 derajat

Tampilan: Layar LCD 2,7 ”

Resolusi Video: 1080FHD, 720P, WVGA, VGA

Format: .MOV, .JPG

Sensor: G-sensor, Deteksi Gerakan

GPS Logger: Opsional

Wi-Fi: Yes

Fitur Dash Cam: Mode Loop, Auto Start / Stop, Teks Identitas Kendaraan

Porta: USB2.0, AV-Out

Penyimpanan: Kartu MicroSD hingga 64GB

Baterai & Pengisian: TANPA baterai, gunakan kapasitor, 5V 1A

Harga: Rp 510.000

WWW.BUKALAPAK.COM

Sena 10C Pro

Sena 10C sesungguhnya bukan dashcam murni karena produk ini lebih tepat untuk pengendara motor.  Meski demikian Sena 10C juga bisa digunakan sebagai dashcam, bedanya jika digunakan untuk pemotor maka Sena 10C diletakkan di helm dan jika berfungsi sebagai dashcam diletakkan di dashboard mobil.  Jika dilihat harganya, Sena 10C Pro memang cukup mahal, namun sesuai dengan kemampuan dan kinerjanya yang mampu merekam video dengan resolusi 4K di 30fps.

Kamera dashboard ini merupakan gabungan antara interkom Bluetooth dan juga kamera.  Dengan fitur ini Gadgetarian bisa terhubung dengan pengendara lain yang juga menggunakan Sena 10C melalui interkom bluetooth hingga 4 orang pengendara.  Saat berkendara Gadgetarian bisa berbicara / berkomunikasi dengan pengendara lain hingga sejauh 1,6km.  Nah buat Gadgetarian yang sering menggunakan motor untuk touring maupun juga berkendara dengan mobil, maka produk ini bisa menjadi pilihan.  Dan jika Gadgetarian mencari yang lebih terjangkau harganya, ada Sena 10c dengan banderol Rp 6 jutaan.

Waktu bicara 17 jam

Dimensi 105 mm x 60 mm x 31 mm

Berat 90 g

Koneksi WIFI 802.11 g/n BLUETOOTH Bluetooth 4.1

Jarak jangkauan interkom 1.6 kilometer hingga 4 sambungan

Kualitas VIDEO 1440p/30fps 1080p/60fps 1080p/30fps, 2 jam

Foto 3.7 MP (16:9)

Baterai Lithium Polymer, 3,5 jam pengisian

Slot MicroSD hingga 64 GB

Harga Rp 10.175.000

Lazada.co.id

Hella DR 530

Hella DR 530 merupakan dashcam kelas menengah dengan fitur yang cukup lengkap.  Salah satu fiturnya yaitu smart gesture sensing yang berfungsi untuk merekam secara otomatis ketika terdapat lambaian tangan ke sensor kamera.  Lensanya pun sudah mengadopsi lensa wide angle 150º sehingga jangkauannya sangat luas dengan kualitas gambar Full HD.  Ada pula fitur night vision yang bisa merekam dalam kendisi gelap sekalipun.  Fitur ini sangat bermanfaat jika Gadgetarian memarkir mobil di tempat yang gelap sehingga jika terjadi sesuatu seperti pencurian, kamera ini tetap bisa merekam dengan baik.

Ada pula WiFi built-in yang memungkinkan Gadgetarian untuk mentransfer dan memutar ulang rekaman langsung di smartphone atau tablet.  Penyimpanannya menggunakan micro SD hingga 64GB dengan pengoperasian yang mudah.  Gadgetarian cukup menghubungkan kabel perangkat dengan port lighter kendaraan dan secara otomatis langsung merekam.  Dengan harga Rp 2 jutaan, Hella DR 530 memiliki value for money yang cukup baik.

Intelligent High-Definition Recording

1080P Full HD

Smart Gesture Sensing

Night Vision

150 Wide Angle View

Parking Mode

G-Sensor

Support Up to 64GB

Loop Recording

Rp 2.205.000

Bhinneka.com

Start typing and press Enter to search