Connect with us

News

UC Browser Menghilang dari Play Store Secara Misterius

Published

on

UC Browser untuk Android tampaknya telah hilang dari toko aplikasi Android, Google Play Store. Peramban web versi seluler tersebut menghilang tanpa jejak pada pagi hari ini, hanya berselang seminggu setelah aplikasi ini mencatatkan 500 juta unduhan di Play Store.

FYI, UC Browser merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh UCWeb yang merupakan bagian dari Alibaba Group dari Tiongkok. Selain populer di negaranya sebagai alternatif dari Google Chrome, UC Browser juga memiliki banyak pengguna di India.

Di India, UC Browser menjadi peramban mobile paling favorit dan menguasai 50 persen pangsa pasar di sana. Selain itu, UC Browser menjadi aplikasi Android keenam yang paling banyak di unduh di negara “Bollywood” itu.

UCWeb juga mengklaim pengguna aktifnya di India mencapai 100 juta orang dari total 420 juta pengguna aktif di dunia. Dengan catatan seperti ini, sangat mengejutkan jika UC Browser tiba-tiba menghilang tanpa keterangan yang jelas. Di sisi lain hal ini juga menimbulkan pertanyaan, apakah Google yang menghapus UC Browser karena ada pelanggaran privasi yang dilakukannya?

Sejumlah rumor beredar di dunia maya menyebutkan UC Browser secara diam-diam mencuri data penting pengguna dan mengirimkannya ke server yang ada di Tiongkok tanpa persetujuan pengguna. Pemerintah India, yang disebut melakukan investigasi atas dugaan tersebut, mengungkapkan kekhawatirannya bahwa UC Browser tetap mengumpulkan data-data pengguna meski aplikasinya telah di-uninstall.

Pada 2015 lalu, perusahaan keamanan Kanada menyebitkan bahwa UC Browser versi bahasa Mandarin dan Inggris menyediakan data-data penting pengguna, termasuk lokasi dan nomor ponsel, kepada pihak ketiga melalui kesepakatan. Banyak orang yang menduga hilangnya UC Browser dari Play Store terkait dengan dugaan-dugaan ini.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak UCWeb maupun Google mengenai situasi ini. UCWeb sendiri sebelumnya pernah membantah melakukan kecurangan, dengan mengungkapkan bahwa mereka “tidak akan melakukan apa pun yang dapat merusak kepercayaan kami” dan mereka memerhatikan “keamanan dan privasi sangat serius.”

Menurut pantauan TPlus Magz, di Play Store saat ini hanya ada UC Browser Mini, saat dilakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci “UC Browser”.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *