Connect with us

News

Aplikasi Laut Nusantara Banyak Dimanfaatkan Nelayan

Published

on

Aplikasi Laut Nusantara yang dikembangkan oleh XL Axiata beberapa tahun lalu memberikan dampak baik kepada nelayan.  Aplikasi yang terus disempurnakan oleh XL Axiata ini mampu memberikan manfaat bagi ribuan nelayan Indonesia di berbagai daerah. Tercatat hampir 15 ribu pengguna aktif yang berasal dari kalangan nelayan, baik yang telah mendapatkan sosialisasi dan bantuan perangkat langsung dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) maupun yang mengunduh secara mandiri. Untuk meningkatkan dan memaksimalkan manfaat penggunaan aplikasi tersebut XL Axiata akan terus pengembangan fitur-fitur baru layanan yang dapat digunakan nelayan untuk mendukung aktifitas mencari ikan sehari-hari.

Aplikasi Laut Nusantara menjadi salah satu layanan data digital inovatif yang ditampilkan dalam acara bertajuk “Inovasi Bahari” yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) – Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Bali. Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan, “Ternyata daya tarik aplikasi Laut Nusantara semakin kuat dan meluas di kalangan nelayan Indonesia. Dari sistem, kami bisa mendeteksi penggunaannya secara regular oleh masyarakat nelayan di banyak daerah di Indonesia.”

Selain fitur yang mampu menunjukkan lokasi keberadaan ikan, rata-rata nelayan pengguna aplikasi Laut Nusantara juga memanfaatkan penuh panduan keselamatan melaut yang diberikan. Panduan ini berupa data-data perkiraan cuaca, terutama mengenai kecepatan dan arah angin, juga tinggi gelombang. Data-data kondisi alam tersebut bahkan disertai lokasinya. Dengan begitu, sebelum nelayan berangkat melaut, mereka sudah bisa memperhitungkan resiko keselamatan yang akan dihadapi di laut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *