Connect with us

Coffee Break

Find Anything With Galaxy SmartThings

Published

on

Mungkin Gadgetarian pernah kehilangan barang atau benda penting sehingga merepotkan seisi rumah karena harus mencari hingga ke sudut-sudut rumah. Atau mungkin bahkan kehilangan hewan peliharaan saat kita ajak jalan-jalan ke taman namun kita lengah dan kucing kesayangan kita itu hilang atau tersesat. Kini Gadgetarian tak perlu pusing dengan semua itu apalagi jika Gadgetarian termasuk orang pelupa atau sering lupa menyimpan sesuatu. Gadgetarian dapat menandai barang-barang penting seperti kunci yang sering hilang agar mudah mencarinya jika kita lupa menyimpannya.

Internet of Things (IoT) merupakan teknologi masa depan dari integrasi antar perangkat yang membuat manusia semakin mudah dalam menjalani rutinitas keseharian mereka. Walaupun masih terbatas, IoT memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat mengubah kehidupan penggunanya, Melalui fitur SmartThings, Samsung mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang dimilki oleh perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G dengan berbagai perangkat yang berbasis IoT.

Perangkat-perangkat berbasis IoT yang Gadgetarian miliki kini dapat menyesuaikan dengan rutinitas sehari-hari menggunakan Samsung Galaxy S21 Series 5G. Dengan SmartThings deep integration, Gadgetarian dapat mengatur seluruh perangkat-perangkat pintar yang terkoneksi dengan
perangkat Galaxy S21 Series 5G, untuk bertindak sesuai dengan keinginan pengguna seperti memasang alarm pada pukul 6 pagi. Tak hanya bunyi, dengan menekan tombol “Wake-up using smartdevice” Gadgetarian dapat mengatur apa yang akan dilakukan oleh perangkat-perangkat pintar yang dimiliki seperti Televisi, Lampu, hingga tirai.

SmartThings Deep Integration layaknya Jarvis dalam film Iron Man yang bertindak seperti asisten pribadi. SmartThings Deep Integration juga disematkan pada aplikasi Cuaca (Weather) pada Galaxy S21 Series 5G. Dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G, Gadgetarian dapat mengetahui kualitas udara di rumah melalui menu ‘Indoor Air Quality’ dan menyalakan air purifier secara remote untuk menjaga kondisi udara di rumah tetap baik, bahkan ketika anda bepergian.

Dengan mengunduh aplikasi SmartThings melalui Google PlayStore Gadgetarian bisa terhubung dengan barang-barang. Dulu Samsung memiliki fitur Find My Mobile yang berguna untuk menemukan ponsel yang hilang. Namun kini fitur itu telah berkembang dan menjadikannya sebuah ekosistem yang tak hanya berfungsi untuk menemukan ponsel yang hilang saja namun juga barang-barang lainnya yang mudah hilang seperti kunci mobil.

Baca juga: Ini Dia Cara Aktifkan SmartThings Di Ponselmu

Untuk menggunakan fitur ini Gadgetarian harus memiliki OS Android minimal seri 8 atau yang terbaru. Layanan ini menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) serta Ultra Wideband (UWB) untuk menemukan barang-barang seperti smartwatch, tablet dan juga earbuds. Bahkan Gadgetarian bisa menemukannya meskipun dalam keadaan offline karena pengguna smartthing lainnya disekitar kita dapat membantu menemukannya. Hal ini juga karena setelah perangkat yang hilang mati selama lebih dari 30 menit akan mengeluarkan sinyal melalui BLE sehingga bisa ditangkap oleh perangkat lain.

Ada beberapa metode pencarian yang bisa dilakukan dengan fitur SmartThings Find ini. Jika masih dalam rumah maka perangkat yang hilang dapat mengeluarkan suara agar mudah ditemukan. Namun jika berada di luar rumah Gadgetarian bisa mem-flag perangkat yang hilang di SmartThings Find dan perangkat Galaxy lainnya dapat ikut membantu menemukannya. Akses SmartThings Find dan pilih perangkat yang dicari dan akan muncul dalam map. Untuk mempercepat menemukan perangkat yang kita cari, Gadgetarian bisa memilih perangkat untuk berdering atau search nearby untuk pencarian yang lebih presisi.

Lalu bagaimana dengan barang-barang yang bukan Galaxy, seperti kunci mobil atau bahkan kucing. Gadgetarian bisa menggunakan Samsung Galaxy SmartTag yang fungsinya mirip seperti pemancar. Benda seukuran korek api ini bisa diikatkan di banyak benda layaknya name tag. Jika Gadgetarian mengikatkannya ke kuncu mobil maka dimanapun kunci mobil itu berada akan selalu terdeteksi oleh ponsel melalui aplikasi SmartThings Find. Begitu pula jika Gadgetarian memiliki binatang peliharaan seperti kucing yang sering menghilang, SmartTag bisa dikalungkan pada kucing dan kemanapun ia pergi akan terdeteksi dan mudah ditemukan.

Itu tadi adalah jika barang kesayangan Gadgetarian yang dipantau melalui Samsung Galaxy S21 series 5G yang digunakan. Lalu bagaimana jika kita lupa meletakkan ponsel kita? Hal yang sebaliknya bisa dilakukan oleh SmartTag. Hanya dengan menekan tombol yang ada di SmartTag sebanyak dua kali SmartTag akan memunculkan notifikasi suara di smartphone ataupun tablet Anda. Hal ini sungguh memudahkan pengguna, seluruh perangkat Galaxy menjadi satu kesatuan untuk memberikan pengalaman yang seamless.

Galaxy Ecosystem membuktikan bahwa semuanya bisa dipermudah bahkan untuk menemukan sesuatu yang hilang sekalipun. Dapatkan ketenangan hati saat mencari perangkat Samsung Galaxymu. Let’s Find Anything With SmartThing.

https://youtu.be/GGNWmWCR5hg

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *