Musik Indonesia Kuasai Platform JOOX

Industri musik didunia sudah sangat berkembang terutama teknologinya.  Dulu kita memerlukan kaset, piringan hitam dan juga CD untuk mendengarkan musik.  Tapi kini kita sudah memasuki era digital dan Gadgetarian bisa mendengarkan musik dimana saja meski tanpa alat pemutar.  Musik kini berbentuk digital sehingga memungkinkan bisa didengarkan dari sebuah ponsel atau alat pemutar suara digital.

Seiring perkembangan teknologi tersebut kini muncul beberapa penyedia layanan pemutaran lagu secara digital melalui internet.  Salah satunya adalah JOOX yang kini sudah lima tahun berada di Indonesia.  JOOX sudah memberikan warna tersendiri dalam menikmati musik khususnya di Indonesia dari banyak genre. Perkembangan produk memungkinkan para musisi Indonesia dapat menjangkau lebih banyak pendengar.

JOOX juga melihat perkembangan pesat industri musik Indonesia yang ditandai dengan perubahan preferensi musik pengguna. Head of JOOX Indonesia, Peter May menyampaikan, “JOOX melihat pengguna semakin menggandrungi musik Indonesia seiring dengan meningkatnya local pride masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari total konsumsi lagu Indonesia yang meroket 300% dibandingkan tahun pertama JOOX di Indonesia. JOOX juga mencatat porsi musik Indonesia yang semakin mendominasi jajaran top chart dari tahun ke tahun. Di tahun 2020 ini, lagu Indonesia menduduki 80% top chart JOOX, empat kali lipat dari tahun 2016,”

Peter May mengungkapkan bahwa kini JOOX telah memiliki koleksi sebanyak 30 juta lagu dari berbagai genre dan tahun perilisan dari seluruh dunia.  Hal ini membuat koleksinya sangat lengkap dan memudahkan Gadgetarian mencari musik atau lagu yang diinginkan.  Pada awal masuknya JOOX di Indonesia, musik Indonesia hanya ada beberapa.  Namun kini 80% lagu yang paling banyak diputar adalah lagu Indonesia.  Hal ini membuat kini musik Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Kehadiran JOOX dan platform lainnya diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan para musisi nasional dan menjadi etalase musik Indonesia.  Selamat Ulang Tahun ke-5 JOOX semoga kehadirannya memberikan banyak manfaat bagi kita semua.

Share