Canon EOS 850D “Kamera Pemula Fitur Menggoda”

Canon EOS 850D adalah kamera DSLR yang ditujukan untuk pengguna pemula dan sekaligus menjadi ciri kamera kelas ini adalah selalu memakai 3 digit. Eos 850D merupakan kamera yang ringan dan fleksibel. Namun fitur yang disematkan mempunyai performa kelas atas. Meski ditempatkan sebagai kamera kelas pemula namun Canon telah menyediakan berbagai fitur yang tidak kalah canggih dengan kamera pada level  lebih tinggi. Seperti apa keandalan kamera ini, yuk simak ulasannya berikut.

Dari sisi desain bodi tak ada yang istimewa karena desainnya sama seperti kamera entry level pada umumnya. Bentuk serupa juga ada pada EOS 750D. Hal yang menonjol adalah tetap digunakannya layar ukuran 3” dengan Fully articulated yang juga menjadi ciri kamera Canon. Berat bodi dengan baterai di dalamnya juga cukup tidak terlalu berat sehingga sangat nyaman untuk ditenteng atau dibawa untuk melakukan hunting foto.

Bodi kamera yang ringkas juga dilengkapi dengan tombol panggil atas dan belakang yang memungkinkan mengontrol kecepatan dan aperture. Selain itu juga terdapat tombol kontrol cepat untuk mengubah pengaturan agar lebih cepat. Tambahan tombol AF-On di belakang akan bermanfaat untuk pemfokusan tombol kembali. Bahan yang digunakan kamera ini sangat kuat dan tahan pukulan atau beban di atasnya.

Meskipun kamera DSLR terbaru ini dirilis untuk pemula namun ia memiliki banyak fitur keren layaknya kamera kelas menengah. Salah satunya adalah sistem autofokusnya yang lebih baik bila dibandingkan dengan Canon EOS 800D. Kamera DSLR terbaru untuk kelas pemula ini membawa cukup banyak peningkatan. Ketika digunakan untuk hunting foto sambil berwisata di seputaran Yogyakarta kamera ini sangat responsif saat digunakan membidik subyek menarik secara mendadak. Sistem autofocusnya sangat responsif terutama saat membiidik subyek menarik di teriknya Kota Yogyakarta.

Canon masih mempertahankan sensor APS-C CMOS 24 MP pada kamera DSLR terbarunya seperti digunakan pada kamera sebelumnya, untuk Canon EOS 850D, diberi tambahan prosesor terbaru dari Canon DIGIC 8. Sehingga dapat memotret tanpa henti dengan kecepatan yang lebih tinggi, yakni hingga 7 fps. Dengan demikian Gadgetarian yang marsh pemula dapat memotret layaknya fofografer profesional dengan kecepatan tanpa henti sebesar hingga 7fps.

Peningkatan fitur berlanjut pada sektor autofokusnya. Canon EOS 850D telah dibekali dengan sistem autofocus Dual Pixel CMOS yang disokong sensor AE 220.000 piksel dan EOS Intelligent Tracking atau iTR AF. iTR akan memberikan akurasi kecepatan yang tinggi dan ideal untuk dapat menangkap obyek yang bergerak cepat. Gadgetarian juga bisa hunting foto di alam liar dengan lebih mudah dengan AF yang sensitif terhadap gerakan terutama satwa yang akan kita potret.

EOS 850D memungkinkan Gadgetarian untuk mengandalkan sistem autofocus hingga 45 titik secara otomatis. Dengan catatan pendeteksian wajah subyek saat pemotretan menggunakan jendela bidik. Pengguna juga dapat memanfaatkan modus video dan Live View untuk mempermudah sistem autofokusnya. Selain itu juga untuk mendukung pelacakan fokus pada wajah serta mata dari subyek.

Saat memotret menggunakan 850D, Gadgetarian bisa menyetel AF dengan deteksi mata yang memungkinkan kamera untuk tetap tajam saat memotret dan tak kehilangan fokus. Kontrol yang tepat pada titik fokus dalam mode Live View akan didukung oleh Dual Pixel CMOS AF dengan menggunakan 143 mode otomatis atau 3.975 dalam pemilihan manual.

Fitur menarik lain yang disuguhkan oleh Canon EOS 850D adalah layar sentuh vari-angle 3 inci. Selain itu juga telah didukung konektifitas berupa Wifi dan Bluetooth. Pada sektor memory menggunakan SD/SDHC/SDXC atau UHS-I support. Pada koneksi nirkabel seperti bluettoth maupun WiFi, Gadgetarian dapat mentransfer foto langsung ke laptop dengan kecepatan tinggi dan tak perlu lagi card reader. Gadgetarian juga bisa mengirim foto ke ponsel untuk diunggah ke media sosial.

Harga
Rp 15.323.000 (Body Only)
Rp 16.984.000 (lens 18-55mm IS STM)

Kesimpulan
Secara keseluruhan Canon EOS 850D merupakan kamera entry level yang sangat advance dengan banyak fitur yang mengadaptasi kamera kelas menengah atas. Bodi yang ringkas dengan fitur yang banyak ditambah dengan kinerja yang memumpuni membuat kamera ini sangat cocok buat para traveller atau pelancong yang ingin mengasah kemampuan dengan kamera DSLR.

Spesifikasi
Dimensi:
131 x 103 x 76 mm
Sensor:
CMOS 24 megapixels, APS-C (22.3 x 14.9 mm), Max resolution 6000 x 4000, DIGIC 8
ISO:
Auto, 100-25600 (expands to 51200), RAW, JPEG
Focus:
45 Number of focus points, Canon EF/EF-S
Layar:
3”, Fully articulated Touchscreen TFT LCD, 1,040,000 dots
Speed:
Minimum 30 sec, Maksimum 1/4000 sec, 7,5 fps Continuous drive
Video:
3840 x 2160 @ 25p / 120 Mbps, MP4, H.264, AAC, stereo microphone
Konektifitas:
USB 2.0 (480 Mbit/sec), WiFi, Bluetooth

Hasil Foto Kamera Canon EOS 850D

Slow speed

Share